Dr. I Wayan Adnyana,S.H.,MKn.: Universitas Bali Dwipa Siap Menuju World Class University

(Dutabalinews.com), “Menjadi World Class University memang bukan langkah mudah. Tapi tidak ada yang mustahil sepanjang kami berusaha. Dan setiap langkah besar tentu harus dimulai dengan satu per satu langkah kecil,” kata kata Ketua Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali yang menaungi Universitas Bali Dwipa, Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., Selasa (5/3/2019).

Diakui walau berdiri sekitar setahun, Bali Dwipa University sudah mencanangkan misi besar untuk bisa menuju World Class University (Universitas Kelas Dunia). Setidaknya standar pengelolaannya dari awal sudah diarahkan mengacu pada standar-standar World Class University. Sejak awal berdiri kampus yang berlokasi di Jalan Pulau Flores Nomor 5 Denpasar ini berupaya membentuk mahasiswa dan lulusan yang inovatif, kreatif dan ekselen (keunggulan excellent). Itulah yang menjadi motto Bali Dwipa University yakni “Inovatif, Kreatif dan Ekselen.” Sehingga mendeklarasikan sebagai Kampus Inovatif (Innovative Campus) yang juga menjadi modal dasar menuju World Class University.

“Sudah kami rancang dan road map dan indikator acuan yang harus kami penuhi agar selangkah demi selangkah semakin dekat menuju World Class University,” tegas Adnyana yang juga saat ini disibukkan dengan simakrama menyerap aspirasi masyarakat Bali selaku calon angggota DPD RI dapil Bali nomor urut 37. Ketua LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu) Universitas Bali Dwipa Nengah Winarta menjelaskan ada lima indikator sistem pengelolaan perguruan tinggi bisa dikatakan excellent yang mengacu pada World Class University.

Pertama, kinerja kepemimpinan universitas. Kedua strategi pengembangaan dan pengelolaan perguruan tinggi salah satunya pengelolaan keuangan. Ketiga persepsi mahasiswa terhadap perguruan tinggi bersangkutan.
Keempat, persepsi user atau pengguna/industri yang mempekerjakan lulusan perguruan tinggi bersangkutan. Terakhir, persepsi tenaga kerja dan dosen terhadap perguruan tinggi tempatnya bekerja.

“Dari lima indikator inilah suatu perguruan tinggi dikatakan excellent atau tidak. Selain juga dari aspek administratif berupa persyaratan akreditasi yang dipenuhi serta memiliki standar kualitas,” kata pria yang juga Examiner Business Excellent (di bidang pendidikan, kesehatan dan bisnis) serta tersertifikasi dari National Institute of Standards and Technology Amerika Serikat.

Baca Juga :   Tingkatkan Keahlian Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa, Stispol Kerja Sama dengan Sehita Indonesia

Examiner senior yang sudah melakukan uji bussines excellent di lebih dari 60 perusahaan swasta nasional dan sejumlah BUMN itu juga menjelaskan alasannya bersedia bergabung di Bali Dwipa University. Hal ini tidak terlepas dari komitmen kampus ini dalam hal menjadi inovatif, kreatif dan ekselen namun tetap mengedepankan pembentukan karakter mahasiswanya.

“Saya mau gabung karena komitmen kampus ini tidak hanya cetak orang berotak tapi juga berwatak. Jadi ibaratnya bangun manusia dua tak,” kata pria yang puluhan tahun bekerja di luar Bali ini. Di sisi lain Bali Dwipa University sudah siap menerima mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. Bahkan universitas yang mendeklarasikan diri sebagai Kampus Inovatif (Innovative Campus) ini siap menerapkan sistem dan kurikulum yang diintegrasikan dengan sistem pembelajaran online atau Blended Learning.

Dalam Blended Learning ini nantinya pembelajaran akan dikombinasikan antara tatap muka di kelas atau kampus dengan pembelajaran secara online. Komposisinya, 40 pembelajaran online dan 60 persen tatap muka. Sebagai kampus yang baru dibuka dan resmi beroperasi akhir 2018 lalu, Bali Dwipa University menawarkan program studi yang menekankan pada pendidikan kesehatan berbasis kearifan lokal, kampus ini menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda yang ingin berkarir di dunia kesehatan. Kampus ini memiliki sepuluh program studi (prodi) sarjana dengan berbagai keunggulan.

Prodi Teknologi Pangan unggulannya desain kemasan produk pangan tradisional Bali. Prodi Studi Gizi unggulannya gizi kuliner tradisional Bali. Prodi Teknik Biomedik unggulannya instrumentasi biomedika dan biomekanika.

Sementara Prodi Farmasi unggulannya bahan obat, obat-obatan tradisional dan kosmetik. Prodi Psikologi unggulannya konsultan psikologi dan ahli psikometri. Prodi Sistem Informasi unggulannya technopreneurship dan kecerdasan bisnis. Prodi Hukum unggulannya hukum bisnis.

Selanjutnya Prodi Hubungan Masyarakat unggulannya kehumasan dan online public relation. Prodi Akuntansi unggulannya sistem informasi akuntansi dan komunikasi bisnis. Terakhir Prodi Bahasa Inggris unggulannya praktik penerjemahan dan interpretasi. (wbp)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar