Ekonomi & Bisnis

Gus Adhi: Tingkatkan Produksi, Petani Perlu Terapkan Mekanisasi dan Iptek

(Dutabalinews.com),Penerapan mekanisasi dan iptek penting dilakukan untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian.

“Ke depan mekanisasi pertanian dan pendampingan iptek yang perlu digalakkan agar kualitas hasil petani semakin bagus dan bisa meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra saat penyerahan bantuan RMU (Rice Milling Unit), Kamis (4/4) di Subak Gunung Sari Banjar Sumampan Kemenuh Gianyar.

Dalam acara tersebut hadir dinas terkait, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan), juga puluhan warga subak. Caleg DPR RI dapil Bali nomor urut 2 dari Partai Golkar yang akrab disapa Gus Adhi ini mengatakan penggunaan mekanisasi bukan saja menjadikan pekerjaan lebih efisien juga akan memberikan nilai tambah bagi petani seperti halnya mesin penggiling padi ini.

Bahkan menurut Kelian Subak Gunung Sari I Wayan Lasprikorn, petani bisa mendapatkan nilai tambah hingga 20 persen setelah bisa menangani produksinya hingga pascapanen ini.
Untuk itu Gus Adhi berharap seluruh petani agar semakin bersemangat untuk menjaga dan mengelola lahannya sehingga hasilnya tambah bagus dan pendapatan petani menjadi meningkat. “Saya di Komisi IV akan terus memperjuangkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan petani untuk meningkatan produksi,” jelas politisi asal Kerobokan Badung ini.

Gus Adhi memuji semangat warga subak yang begitu tinggi mengolah lahan pertaniannya. Terbukti hasil panen sangat bagus yakni bisa mencapai 13 ton/ha. “Jadi ke depan kualitas yang juga harus ditingkatkan agar nilai jualnya juga semakin meningkat,” tambah Ketua SOKSI Bali ini.

Melihat semangat petaninya, Gus Adhi juga akan menjadikan subak Gunung Sari ini sebagai pilot project “Program 4 GAMP” yakni Empat
Gerakan Arah Maju Pertanian. Dimana program ini akan memberdayakan potensi yang ada di petani mulai subak hingga pascapanen serta permodalannya. “Saya juga akan ajak PPL yang berprestasi studi banding ke luar negeri untuk menambah wawasan dan pengetahuannya,” ujat Gus Adhi.

Terkait bantuan RMU tersebut, ke depannya juga akan diusahakan untuk melengkapi dengan mesin pengering sehingga hasil petani secara berkesinambungan bisa diproses. Apalagi harga tanah mahal, maka mesin pengering ini bisa menggantikan lantai jemur yang memerlukan lahan cukup luas. (bas)

Berikan Komentar