FKIP Undwi Gelar Workshop “Revisi Kurikulum” untuk Prodi PGSD dan Prodi Bahasa Inggris

(Dutabalinews.com),Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Bahasa Inggris di FKIP Universitas Dwijendra (Undwi) menggelar workshop terkait Revisi Kurikulum.

Workshop yang dibuka Wakil Rektor 1 Dr. Ketut Suar Adnyana, M.Hum., Sabtu (8/6) di ruang Rektorat Undwi menghadirkan narasumber dari Undiksa Prof. Wayan Lasmawan,M.Pd. Juga hadir para dosen FKIP Undwi dan unit di SD, SMP dan SMA di lingkungan Undwi serta Yayasan Pendidikan Bina Tunas (YPBT) SD Tunas School Putu Eka Juliana Jaya, SE, M.Si.

Dekan FKIP Undwi Drs. I Made Kartika, M.Si. mengatakan workshop Revisi Kurikulum, khususnya untuk Prodi PGSD sangat penting untuk menghasilkan calon guru yang profesional.

“Dengan diadakan workshop ini, Prodi PGSD akan bisa menyesuaikan dengan Prodi PGSD yang ada di perguruan tinggi lainnya dan bisa melahirkan calon guru profesional yang siap bersaing dalam dunia kerja sesuai kebutuhan zaman menuju era digital atau era industri 4.0,” terangnya.

Sementara, Ketua Prodi PGSD FKIP Undwi Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini,S.Pd.,M.Pd. menambahkan workshop ini tidak terlepas
dari pembentukan kurikulum. Apalagi Prodi PGSD semestinya memperhatikan peraturan kurikulum pendidikan tinggi. Karena undang-undang dan peraturan pendidikan tinggi menjadi acuan utama pembentukan dan penyelenggaraan kurikulum.

“Kurikulum ibarat roh. Di dalam kurikulum tersebut ada tiga rohnya prodi yakni struktur kurikulum, rencana pembelajaran semester dan buku ajar,” imbuhnya. Workshop juga diharapkan mampu membuat para dosen di Prodi PGSD bisa membentuk dan menyusun kurikulum secara baik dan benar.

“Bahkan, menjadi harapan kita bersama untuk bisa terwujudnya kurikulum yang dapat membantu proses pelaksanaan pembelajaran yang telah dituangkan dalam visi dan misi lembaga pendidikan tinggi,” ucapnya.

Disisi lain, Prof. Wayan Lasmawan, M.Pd. menjelaskan kalau kurikulum yang dimiliki Prodi PGSD FKIP Undwi sekarang perlu direvisi sesuai KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi. Sedangkan Putu Eka Juliana Jaya, SE, M.Si dari YPBT SD Tunas School mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Undwi. “Bahkan mahasiswa di Prodi PGSD FKIP Undwi juga kita gandeng untuk nantinya bisa melaksanakan Praktek Kerja Lapanan (PKL) di YPBT SD Tunas School,” jelasnya. (sus)

Baca Juga :   Sekda Denpasar Resmikan Komunitas Seni Lingga Budaya Dwijasrama SMP Dwijendra Denpasar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *