Pendidikan & Olahraga

Legendaris MU Gary Neville: Sepak Bola Itu Mempersatukan Semua Bangsa

(Dutabalinews.com),Sepak bola bukan hanya olahraga, prestasi dan prestise. Tapi sepakbola juga sebagai ajang pemersatu dan perdamaian.

“Seperti saat piala dunia (World Cup) di Moskow, semua bisa kumpul bersama, sepak bola mempersatukan semua kalangan dari berbagai belahan dunia tanpa harus melihat perbedaan,” ujar pesepak bola legendaris Gary Neville di sela-sela kunjungannya ke Bali, Senin (22/7/2019) siang dalam rangka berlibur bersama keluarga.

“Setiap tahun saya ke Bali dan ini liburan saya yang keempat kali. Saya pilih ke Bali karena warganya ramah, welcome. Saya merasa aman di sini. Perbedaan waktu dengan UK membuat saya nyaman, tak terganggu saat libur,” ujar mantan Kapten Manchester United itu di sela-sela kunjungannya yang diisi dengan Coaching Clinic kepada Tim Sepakbola Amputasi yang baru dibentuk oleh Puspadi Bali.

Dalam kunjungannya itu Gary juga sempat bermain sepak bola dengan anak-anak disabilitas. Menurutnya samangat dan kerja keras memegang kunci penting bagi sebuah keberhasilan.

Demikian pula di dunia sepak bola. Ditanya resep keberhasilan sepak bola menurutnya ada tiga hal mendasar yang harus dimiliki yakni pertama semangat, yang kedua fasilitas dan terakhir pendidikan atau sekolah sepak bola.

“Dua tahun lalu saat saya liburan ke Bali sempat menyaksikan anak-anak berlatih sepak bola. Semangatnya luar biasa. Mereka suka bila, itu fondasi yang bagus untuk meraih sukses,” jelasnya.

Gary Alexander Neville merupakan seorang mantan pemain sepak bola asal Inggris. Neville dahulu berposisi sebagai bek kanan dan bermain untuk Manchester United selama kariernya. Di klub tersebut juga Neville menjadi kapten tim selama lima tahun.

Pemimpin sebuah tim menurutnya harus orang baik, punya atitude dan disiplin tinggi. “Tapi juga memberi kebebasan bagi anggotanya untuk berkreasi di lapangan,” tambah ayah dua anak ini. Lahir 18 Februari 1975 (usia 44 tahun) di Bury, Britania Raya, pemegang nomor punggung 2 (Manchester United F.C.) ini juga pernah melatih Valencia CF pada 2015–2016. (bas)

Berikan Komentar