Pendidikan & Olahraga

Universitas Dwijendra Perkuat Bahasa Mandarin dengan Guangdong University China

(Dutabalinews.com),Rektor Universitas Dwijendra, Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., MMA. menerima kunjungan President Guangdong University of Finance dari Guangzhou, China Profesor Yong Heming, Jumat (2/8/2019) di ruang rapat rektorat universitas.

Prof. Young mengajak Dr. Sedana bersama-sama dengan pimpinan dan dosen Universitas Dwijendra untuk menyiapkan beberapa program kerja sama.

Kerja sama di antaranya terkait pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, visiting lecturer, pengembangan Dwijendra College, khususnya penguatan kursus Bahasa Mandarin, pengembangan short course program, dan summer class kegiatan penelitian.

Pertemuan yang dihadiri oleh seluruh wakil rektor dan Dekan, Ketua LPPM serta Ketua Program Studi di lingkungan Universitas Dwijendra yang menyambut baik ajakan dari Prof. Yong tersebut. Diskusi diawali dari aspek budaya China yang memiliki beberapa kemiripan atau kesamaan dengan budaya Bali.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Drs. Made Kartika, M.Si. menyampaikan program-program yang akan dijalankan melalui Dwijendra College serta short course yang ditawarkan juga oleh pihak Guangdong University.

Dekan Fakultas Teknik Frysa menyampaikan nilai-nilai arsitektur tradisional Bali bisa menjadikan inspirasi bagi Prof Young untuk membangun budaya yang dapat memperkuat pembangunan ekonomi.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian, Ketut Karyati menyampaikan pengelolaan agribisnis di Bali sangat dibutuhkan guna menghadapi tantangan pembangunan ekonomi yang sangat pesat, khususnya di sektor pariwisata. Dijelaskan pula bahwa social capital di masyarakat perlu diperkuat guna mendukung investasi di berbagai sektor pembangunan.

Sedangkan dari aspek hukum, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Wayan Arka memberikan informasi tentang Hukum Bisnis yang mungkin dapat menjadi bagian untuk dikerjasamakan dengan Guangdong University.

Informasi-informasi tersebut menjadikan Prof Young semakin terinspirasi dan meminta untuk menyiapkan draft kerjasama yang bisa dilakukan dengan Universitas Dwijendra.

“Bahkan, beliau juga menyampaikan pentingnya media massa di dalam mendukung pembangunan ekonomi, seperti yang telah dilakukan oleh Guangdong University,” ujar Rektor Sedana sembari menambahkan, Oleh karena itu, keberadaan Fakultas Komunikasi di Universitas Dwijendra diharapkan dapat berperan di dalam pembangunan, yang sekaligus disambut positif oleh Dekannya, Drs, Wayan Kotaniartha, SH. M.Ikom.

Baca Juga :   Topgolf Buka Toko ke-19 di Bali, Sediakan Fasilitas Simulator dan Promo Menarik

Pertemuan diakhiri dengan saling menukar cinderamata di antara kedua belah pihak yaitu Rektor Universitas Dwijendra dengan Presiden Guangdong University. (mjt)

Berikan Komentar