Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Risiko Kredit, LPD Beraban Jalin Kerja Sama dengan JBM

(Dutabalinews.com),Sejak menjalin kerja sama dengan PT Jamkrida Bali Mandara (JBM) dua tahun lalu, animo masyarakat meminjam kredit di LPD Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan makin meningkat.

Terlebih JBM merupakan satu-satunya perusahaan penjaminan kredit milik Provinsi Bali dengan kepemilikan sahamnya dari delapan kabupaten yang ada di Bali.

“Hadirnya penjaminan kredit di LPD ternyata membawa dampak yang sangat positif terhadap tingkat kepercayaan serta partisipasi masyarakat makin meningkat,” ujar Pemucuk LPD Beraban I Made Suardika,SE, belum lama ini.

Tak sampai di sana, kepercayaan masyarakat terus meningkat karena ada klaim terhadap risiko kredit yang disalurkan ke nasabah. Selain itu, pengurusan klaim tersebut sangat cepat. Hanya butuh waktu kurang dari sepekan klaim langsung dibayarkan ke LPD.

‘Kami berharap LPD di Kabupaten Tabanan yang belum bekerja sama dengan JBM segera buat MoU karena ada banyak kemudahan yang diberikan pada LPD,” ujar pria ramah senyum ini.

Bukti lain bahwa LPD Beraban telah menjadi pilihan masyarakat adalah terlihat dari penyaluran kredit. Dalam rencana kerja tahun 2019, target penyaluran sebesar Rp 72 miliar. Namun justru kredit yang sudah terealisasi hingga September ini mencapai Rp 79,9 miliar atau meningkat 20%.

Untuk deposito, dari rencana kerja LPD Beraban di tahun 2019 sebesar Rp 52 miliar. Sedangkan yang tercapai Rp 60 miliar atau 20% lebih. Sedangkan laba yang ditargetkan hingga akhir tahun ini adalah Rp 4,1 miliar. Sementara sampai September ini laba sudah Rp 3,7 miliar.

Untuk aset LPD Beraban hingga September ini telah mencapai Rp149 miliar. “Sisa lagi tiga bulan, kami optimistis semua rencana kerja bisa kami capai,” ungkapnya.

Made Suardika mengungkapkan rencananya ke depan seiring kepercayaan masyarakat terhadap LPD Beraban yang semakin meningkat, pihaknya juga akan lebih meningkatkan dalam hal aspek pelayanan.

Salah satunya dengan pelayanan berbasiskan teknologi. Dengan ini, masyarakat bisa menjadi pengawas bagi LPD itu sendiri. “Untuk itu kami berharap pada seluruh masyarakat Beraban di 15 banjar adat agar mendukung rencana LPD tahun 2020 ini. Jadi hadirnya LPD berbasis teknologi akan lebih mempermudah transaksi dalam melayani masyarakat,” paparnya.

Baca Juga :   2018 Layani 23 Juta Penumpang, Bandara Ngurah Rai Terpadat di Indonesia

Krama dan nasabah jangan ragu-ragu memanfaatkan program-program unggulan LPD. “Kami berkomitmen berkontribusi ke desa adat dalam bentuk dana pembangunan,” ujarnya.

Direktur PT JBM Ketut Indra Satya Dharma Putra,SE,MM menyampaikan terima kasihnya atas kontribusi seluruh LPD yang ada di Tabanan terutama LPD Beraban yang sudah mempercayakan penjaminan kredit ke pihak JBM.

“Ke depannya kami terus akan tingkatkan pelayanan terhadap LPD. Untuk itu kritik dan saran sangat diharapkan demi pelayanan yang lebih prima. Kepada LPD yang belum, silakan MoU, hubungi petugas dan kami sudah siapkan di setiap kabupaten di Bali,” tandasnya.

Ia memaparkan, total plafon untuk seluruh lembaga keuangan di Tabanan sebesar Rp 1,3 triliun. Total plafon yang telah dijamin oleh Jamkrida dari tahun 2011 sampai dengan Agustus 2019 sebesar Rp 1.365.046.962.498 dengan jumlah terjamin sebanyak 27.777 terjamin. Khusus untuk LPD yang sudah menjadi rekanan sebanyak 38 LPD dengan nilai plafon penjaminan dari tahun 2011 sampai Agustus 2019 sebesar Rp 376.108.757.464. (yes)

Berikan Komentar