Politik

Konsulat-Jenderal Australia di Bali Buka Pameran Rayakan Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Australia-Indonesia

(Dutabalinews.com),Wakil Konsul Fenderal Australia di Bali, Casey Parker dan Gubernur Bali yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dr. I Wayan Adnyana, membuka pameran baru di Bajra Sandhi, Renon Denpasar Bali.

Pameran bertema “Two Nations: a Friendship is Born” yang dikuratori oleh Museum Maritim Nasional Australia bercerita tentang Black Armada, nama yang diberikan untuk pelarangan kapal Belanda yang membawa pasukan dan senjata ke Indonesia pada akhir pendudulun Jepang pada tahun 1945.

“Dua puluh tujuh Desember 2019 adalah peringatan ke-70 hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia, tetapi dukungan kami untuk pendirian Republik Indonesia datangsebelum pengakuan resmi atas kedaulatan Indonesia,” kata Wakil Konsul-Jenderal Parker, Senin (18/11/2019). Dalam pembukaan yang juga dihadiri para veteran itu diputar film dokumenter perjuangan Indonesia.

Menyusul deklarasi kemerdekaan Indonesia, Australia mewakili Indonesia melobi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang baru dibentuk, dan kemudian dipilih oleh Indonesia untuk mewakili dalam negosiasi PBB yang pada akhirnya mengarah pada kemerdekaan. Terdapat juga dukungan kuat dari masyarakat di Australia untuk kemerdekaan Indonesia.

“Hari ini, bagian dari sejarah kita bersama ini sayangnya tidak banyak diketahui di Australia atau Indonesia. Saya berharap melalui pameran ini kita dapat diingatkan akan permulaan yang penuh inspirasi tentang hubungan kita sebagai tetangga yang masa depannya sangat terikat satu sama lain,” kata Wakil Konsul-Jenderal Parker.

Pameran ini juga akan mencakup pemutaran film dokumenter pendek tentang Black Armada berjudul ‘Indonesia Calling’. Pameran ini juga akan diadakan di Jakarta, Surabaya dan Makassar. (bas)

Baca Juga :   Gubernur Bali Apresiasi Dewan Setujui Raperda APBD dan Energi Daerah

Berikan Komentar