Ekonomi & Bisnis

Duarsa Pimpin Gapeksindo Kota Denpasar, Banyak Proyek Besar Tak Bisa Digarap Kontraktor Lokal

(Dutabalinews.com),Bali saat ini nyaris tak memiliki pengusaha jasa konstruksi berskala besar. Sehingga banyak proyek pembangunan bernilai tinggi tak bisa diambil pengusaha lokal.

“Pengusaha di Bali khususnya Denpasar seluruhnya kelas menengah ke bawah sehingga tak bisa mengambil proyek-proyek berskala besar,” jelas Made Duarsa setelah terpilih sebagai Ketua Gapeksindo Kota Denpasar dalam Muscab IV, Jumat (17/1/2020). Muscab dibuka Ketua LPJK Bali Ida Bagus Nyoman Sudewa.

Ke depan, tambah Duarsa diharapkan bisa lahir pengusaha berskala besar sehingga lebih banyak bisa berperan dan bersaing. Selama ini, pengusaha lokal hanya sebagai partner dalam proyek-proyek besar. Ia juga melihat selain proyek besar diambil pengusaha luar Bali juga banyak dikerjakan kontraktor asing. “Banyak juga investor yang memakai kontraktor asing,” tambah Sekretaris Gapeksindo periode 2015-2020 ini.

Duarsa mengatakan dengan anggota Gapeksindo Denpasar yang berjumlah 80 pengusaha, sejauh ini masih bisa berjalan dengan baik. “Proyek baik swasta maupun pemerintah cukup banyak sehingga semua pengusaha bisa jalan,” tambah Duarsa yang dalam Muscab IV ini tampil sebagai calon tunggal untuk mengisi jabatan Ketua Gapeksindo masa bhakti 2020-2025.

Ia mengatakan dalam menghadapi tantangan dan persaingan ke depan, kualitas SDM sangat penting termasuk bidang IT. Kompetensi dan sertifikasi harus terus ditingkatkan bagi jajaran Gapeksindo sehingga bisa menghasilkan kualitas kerja yang bagus.

Apalagi bisnis di bidang konstruksi ini sangat dinamis, dalam artian persaingan bukan hanya di tingkat lokal, tapi lingkupnya sangat luas. “Pengusaha luar bisa ikut tender di sini. Kita juga bisa ikut di daerah lain,” tambah owner PT Satya Indosin Laksana ini.

Ditanya prospek bisnis konstruksi di 2020 ini, Duarsa mengaku optimis bisa bertumbuh. Sebab andalan usaha konstruksi di sektor properti mulai membaik. “Dominan bisnis konstruksi ini di properti. Jadi kalau properti tumbuh, kita juga ikut selain proyek-proyek yang ada di pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Bali Ida Bagus Nyoman Sudewa mengingatkan pentingnya sertifikasi tenaga kerja jasa konstruksi untuk menghasilkan tenaga ahli dan terampil yang dibutuhkan Bali. Kadis PUPR Kota Denpasar Jimmy Sidharta berharap asosiasi ini dapat berperan dalam mendukung pembangunan Kota Denpasar. (bas)

Berikan Komentar