Politik

Pangdam Udayana: Tugas Operasi Pamtas Merupakan Kehormatan

(Dutabalinews.com),Tugas Operasi Pamtas di wilayah Papua merupakan sebuah kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara kepada Kodam IX/Udayana khususnya untuk satuan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama.

“Oleh karenanya mari junjung tinggi tugas mulia ini guna melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ungkap Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam amanatnya pada saat Upacara Pengantaran Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW ke wilayah Papua yang dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Jumat (29/5/2020).

Pangdam menyampaikan bahwa setelah upacara pengantaran ini akan dilaksanakan pergeseran pasukan (serpas) menuju daerah penugasan. Maka dari itu, Pangdam berpesan agar laksanakan serpas dengan tertib, taati peraturan yang berlaku dan utamakan faktor keamanan selama dalam perjalanan dan setibanya di pos masing-masing.

“Sampai di sana, laksanakan serah terima dengan benar dan tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti terutama yang berkaitan dengan tugas pokok baik kepada Komandan Pos lama maupun anggotanya sehingga dalam pelaksanaan tugas ke depan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” pesan Pangdam.

Kemudian, lanjut Pangdam, selama 9 bulan di Papua jangan pernah berhenti untuk mempelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat serta situasi dan kondisi daerah setempat, sehingga bila terjadi sesuatu permasalahan yang tidak diinginkan dapat segera mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM maupun adat istiadat dan norma yang berlaku.

“Yang tidak kalah penting adalah jaga kesehatan dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 ataupun penyakit lainnya, pelihara jasmani yang samapta serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Selamat bertugas!” tegas Pangdam.

Dihadapan media, Pangdam juga menyebutkan bahwa kegiatan upacara ini merupakan bagian dari pada tradisi sebagai bentuk dukungan oleh para unsur pimpinan kepada prajuritnya yang akan melaksanakan tugas, dengan harapan berangkat bertugas dengan penuh kebanggaan dan kehormatan yang pada akhirnya akan lahir tanggungjawab untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Pada kesempatan ini juga saya mohon dukungan dan doa restunya dari seluruh masyarakat Bali, agar satuan kita ini dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga akan menjadi kebanggaan pula bagi seluruh masyarakat Bali,” harap Pangdam.

Baca Juga :   Covif-19 di Bali: Total Pasien Positif 311, Yang Dirawat 104 Orang

Upacara pengantaran yang berjalan dengan lancar dan penuh khidmat tersebut dihadiri juga oleh Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, Danlanal Denpasar, Kadisops Lanud I Gst Ngurah Rai, dan GM PT. Pelindo II (Persero) Cab. Benoa serta undangan lainnya. (pen)

Berikan Komentar