Pendidikan & Olahraga

Tahun 2020, FT UNR Lepas 27 Sarjana Teknik

(Dutabalinews.com),Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai (FT UNR) mengadakan acara pelepasan 27 sarjana, Jumat (4/9) di Lingkungan kampus setempat.

Acara pelepasan Sarjana Teknik dihadiri pejabat di lingkungan Yayasan Jagadhita Denpasar yakni Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM. dan dosen masing-masing fakultas di UNR, perwakilan alumni FT UNR, serta pengurus senat mahasiswa FT UNR.

Acara ini berlangsung dalam situasi yang berbeda dari tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang lengkap.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19, pembelajaran di lingkungan FT UNR dilakukan secara online melalui google classroom dan zoom meeting, hingga ujian tugas akhir dilaksanakan secara online.

Keadaan ini tidak menjadi alasan untuk surutnya semangat belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan pada pelepasan periode ini ada sebanyak 27 orang lulusan. Dimana 22 orang berasal dari Prodi Teknik Sipil dan 5 orang dari Prodi Teknik Arsitektur.

Dengan demikian sampai saat ini FT UNR telah meluluskan 873 orang Sarjana Teknik, dan sebagian besar lulusan tersebut sudah terserap di dunia kerja.

Dari sisi capaian Indeks Prestasi Komulatif (IPK) telah terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yakni IPK rata-rata lulusan sebesar 3,20 untuk Prodi Teknik Sipil dan 3,42 untuk Prodi Teknik Arsitektur dengan lama masa studi rata-rata 4 tahun.

Pada acara pelepasan kali ini diberikan penghargaan kepada lulusan berprestasi dengan IPK tertinggi yaitu Ni Wayan Wahyuni dari Prodi Teknik Sipil dengan IPK 3,61 dan I Putu Ariana Putra dari Prodi Arsitektur dengan IPK 3,72 di mana lama masa studi yang ditempuh selama 4 tahun.

Dekan FT UNR Ir. I Gusti Made Sudika, M.T. menyampaikan bahwa label yang selama ini melekat pada proses perkuliahan di FT UNR yang dianggap sulit dan lama telah mampu dilepaskan.

“Oleh karena itu, diimbau kepada para calon mahasiswa untuk tidak perlu ragu memilih FT UNR sebagai tempat menimba ilmu. Asalkan dilaksanakan dengan serius, pasti dapat lulus dengan baik dan cepat,” ujarnya.

Dikatakan pula bahwa FT UNR terus berusaha mencari terobosan baru agar mahasiswa bisa menyelesaikan studi tepat waktu yaitu dengan mengadakan evaluasi secara rutin meliputi silabus, kurikulum, dan metode pengajaran sehingga proses bisa lebih cepat serta mutu tetap bisa dipertahankan, dan ditingkatkan.

Baca Juga :   Dampak Covid-19, Unud Beri Kuota Internet Gratis ke Mahasiswa Hingga 25 GB

Diharapkan, gelar sarjana yang telah diperoleh dengan susah payah dapat dijadikan modal dasar (Skills Investment) untuk membentuk mental baja dan insan yang memiliki integritas mulia di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

Lebih lanjut disampaikan guna meningkatkan mutu lulusan, Prodi Teknik Sipil dan Arsitektur FT UNR yang terakreditasi dengan nilai B terus berbenah diri yaitu dengan meningkatkan kualitas SDM.

Begitu pula dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti menyelenggarakan seminar-seminar dan pameran di bidang keteknik serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik di bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat juga sudah rutin dilakukan.

Dekan FT UNR juga meminta kepada para wisudawan untuk selalu menjunjung tinggi nama almamater dan menjaga nama baik almamater tercinta. FT UNR akan menjadi besar jika para alumninya dapat berkiprah dengan sukses, baik di dunia kerja maupun di masyarakat.

“Saat ini FT UNR juga sedang dalam proses membentuk prodi baru yaitu Teknik Informatika. Untuk itu diimbau kepada para generasi muda untuk terus berkarya dan bergabung dengan FT UNR,” ucapnya.

Ditambahkan pada tahun akademik 2020/2021 FT UNR kembali membuka penerimaan mahasiswa baru. Untuk mendapatkan informasi terkait hal tersebut bisa menghubungi sekretariat FT UNR di (0361) 467533, 462617 atau website http://www.ft.unr.ac.id.(sus)

Berikan Komentar