Kresna Budi: Bantuan Rp 100 Miliar Kementan Diharapkan Bisa Bangkitkan Pertanian Bali

(Dutabalinews.com),Ketua Komisi II DPRD Bali I.G.K Kresna Budi mengatakan bantuan dana Rp100 miliar untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan di sektor ini.

“Kami di dewan berharap bisa dilibatkan terutama dalam hal pengawasan. Apalagi dana tersebut diperuntukan untuk mendukung kemajuan dan pembangunan di sektor pertanian Bali sehingga bisa meningkatkan ekonomi petani,” jelasnya, Kamis (11/3/2021).

Di sisi lain, dengan adanya dana tersebut maka dipastikan tidak akan lagi membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Paling tidak dana yang cukup besar dari APBN Kementan itu, kami di dewan bisa ikut mengawasi penyalurannya. Tujuan agar sesuai peruntukannya,” terangnya.

Politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan agar dana tersebut bisa diprioritaskan untuk membantu para petani dalam rangka pemulihan ekonomi di Pandemi Covid-19 ini.

Ditambahkan, dana tersebut bahkan sudah dirancang sepenuhnya oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali yang akan dimasukkan dalam bentuk kegiatan padat karya seperti membangun infrastruktur jalan usaha tani, embung/cubang, dan perbaikan irigasi.

Di lain pihak pemerintah mustinya ikut mendukung terutamanya untuk menguatkan kemajuan ekonomi sektor pertanian agar lebih maju lewat membuka pasar distribusinya.

Harusnya pemerintah juga memiliki kebijakan pasti yakni menghidupkan dulu sektor pariwisata sebagai penunjang kebangkitan ekonomi.

Kalau bisa dibuka saja dulu kawasan Nusa Dua sebagai awal kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik, lokal maupun mancanegara sebagai salah satu penunjang pemulihan ekonomi Bali,” tambahnya. (sus)

Baca Juga :   Gubernur Koster Fasilitasi Vaksinasi Pekerja Migran Asal Bali, Sasar 26 Ribu PMI 

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar