Gempa Magnitudo 5,3 di Ternate, Dandim: Belum Ada Laporan Kerusakan

(Dutabalinews.com),Dandim 1501/Ternate Letkol Inf R. Moch. Iskandarmanto mengatakan hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 yang terjadi di Ternate, Minggu (21/03/2021), tengah malam.

“Sampai saat ini belum ada laporan tentang dampak gempa yang terjadi sekitar pukul 00.02.33 WIT,” kata Iskandarmanto. Dia mengatakan sudah meminta Koramil-Koramil untuk mengecek di wilayahnya guna memastikan ada atau tidaknya kerusakan akibat gempa. “Nanti bila sudah ada laporan saya infokan kembali,” kata dia.

BMKG melaporkan terjadinya gempa tektonik magnitudo 5,3 yang terjadi di Ternate dan tidak berpotensi tsunami. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.02 LU , 126,93 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55  kilometer arah barat laut Kota Ternate,Maluku Utara, pada kedalaman 11 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal dan dirasakan di Ternate, Halmahera Barat, dan Tidore III MMI.

Dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan sehingga masyarakat diimbau tetap tenang. (udi)

Baca Juga :   Menparekraf: Hanya Ketika Percaya, Wisatawan akan Datang ke Bali

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar