Global

Bumdes Desa Kesiman Kertalangu Jadi Contoh Bumdes Berinovasi Tingkat Nasional

(Dutabalinews.com),Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menunjuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Kesiman Kertalangu menjadi contoh Bumdes berinovasi di Indonesia.

Ditunjuknya Bumdes Desa Kesiman Kertalangu karena  memiliki inovasi Aplikasi  Bumdesku. Hal ini disampaikan Koordinator Bidang Pengembangan Inovasi Daerah Badan Litbang  Kementerian Dalam Negeri Jonggi Tambunan SE.Msi saat meninjau edukasi subak di Ekowisata Desa Kesiman Kertalangu Selasa (20/4).

Lebih lanjut Jonggi Tambunan mengatakan, Aplikasi Bumdesku yang dimiliki Desa Kesiman Kertalangu adalah aplikasi yang berbasis android yang dirancang sebagai digital marketing produk yang dijual oleh Bumdes.

Dimana dalam aplikasi ini pelanggan atau konsumen bisa mendownload aplikasi Bumdesku melalui play store dengan menginput  dikolom pencarian Bumdes Kerta Sari Utama. Konsumen dapat melakukan pemesanan dengan memilih produk yang diinginkan dan jumlah pesanan.

Display produk yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut  juga sangat bagus dan rapi. Pembeli juga bisa melakukan pembayaran dengan transper, COD atau bayar ditempat. Selain itu aplikasi ini juga melakukan perhitungan otomatis untuk pembeli grosir atau discount.

Tidak hanya itu Bumdes ini juga memberikan layanan antar secara gratis. “Aplikasi ini sangat  bagus untuk bisa dijadikan contoh di seluruh Indonesia, supaya desa lainnya bisa menirunya,” ungkap Jonggi Tambunan.

Menurutnya, eksisnya Bumdes Kesiman Kertalangu membuatnya tertarik untuk dipelajari. “Oleh karena itu kami langsung meninjau ke lapangan” ungkapnya. Untuk selanjutnya  pihaknya  mengaku inovasi akan menjadi projek dan dikembangkan ke daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Selain itu pihaknya berharap aplikasi ini bisa berkelas nasional. Sehingga tidak hanya  melayani di desa saja, karena potensi yang ada di Bali  bisa dimanfaatkan dalam aplikasi ini.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB Alit Wiradana  mengucapkan terima kasih karena telah menunjuk Bumdes Desa Kesiman Kertalangu menjadi contoh Bumdes Berinovasi.

Menurut Alit Wiradana pihaknya selalu mendukung desa di seluruh Kota Denpasar untuk melakukan inovasi salah satunya inovasi aplikasi Bumdesku yang dimiliki Desa Kesiman Kertalangu.

Dimana dalam menghadapi pandemi covid 19 seperti saat ini, aplikasi Bumdesku tersebut sangat penting dan bermanfaat   oleh masyarakat karena berbagai kebutuhan pokok  ada dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga :   ​Final Battle Honda Modif Contest 2023 Hadirkan Karya Terbaik dan Inspiratif

Selain itu masyarakat menjadi lebih gampang karena tidak perlu keluar rumah dan tidak menimbulkan kerumunan. Yang paling penting dengan memanfaatkan aplikasi ini masyarakat yang berbelanja bisa melakukan transaksi secara langsung dirumah, bahkan gratis biaya antar.

Untuk selanjutnya aplikasi ini akan dikembangkan ke Bumdes seluruh  Desa yang ada di Kota Denpasar. “Kami akan berusaha supaya aplikasi ini bisa mencakup nasional sesuai dengan harapan  Badan Litbang Kemeterian Dalam Negeri Republik Indonesia,” tegas Alit Wiradana. (ist)

Berikan Komentar