Bli Ciaaattt Ajak Masyarakat Lebih Bijak dalam Bersosial Media melalui Single “Like, Comment and Share”

(Dutabalinews.com), Musik pop Bali mengalami industrialisasi sejak dasa warsa 1990-an ketika perkembangan teknologi, system ekonomi, dan budaya musik baru mendorong secara masif kelahiran studio-studio rekam, musisi-musisi, dan produk-produknya. Gamut atau Gamelan Mulut kini ikut mengemas apik lagu pop Bali dengan sisipan ritmis yang memperkaya melodi. Suara vokal gamelan mulut memberi aksen unik dengan logat meniru suara gamelan melalui teknik kotekan yaitu polos sangsih.

Sosok genius di balik uniknya kreasi Gamut ini adalah Made Agus Wardana, akrab disapa Bli Ciaaatt. “Gamut mengkhususkan menyuarakan bunyi instrumen pemade, ugal, kantilan, kendang, kajar, cengceng, gong kempur mempergunakan suara vokal atau mulut. Bunyi-bunyi seperti “nyang, nying nyong nyeng” terdengar mendekati suara gamelan,” jelasnya.

Didukung pemusik-pemusik handal dan tim videografi yang telah melalang buana dalam berbagai konser, pertunjukan musik di seantero Bali, Bli Ciaaatt menghadirkan single memukau berjudul “Like, Comment and Share”. Para musisi dan pendukung tersebut diantaranya Guitar (I Made Meitrya/Dek Nomik), Drum (Ida Bagus Dharma Winata/Gus De), Bass (I Made Priyana Ginada), Keyboard (Putu Naratama Nugraha), Videografer (Putu Sutama).

Lagu ini bercerita tentang drama media sosial yang semakin hari menjadi persoalan umum hingga perselisihan. Tersirat makna dan nilai edukasi berupa teguran, antisipasi, instropeksi diri dan solusi. Kecerahan hati akan selalu bersinar, jika kita berpikir lebih bijak dan tenang dalam menghadapi persoalan tersebut.

Dalam serial Petualangan Gamut di youtube terdapat aneka koleksi musik dan tari Bali yang diiringi Gamut diantaranya tari pendet, margapati, oleg tambulilingan, trunajaya, topeng tua, bondres, rejang sari, rejang renteng dan karya original yang menghadirkan 2 tokoh topeng yaitu Bli Gamut dan MaNyung. Kemudian gamut dalam lagu pop Bali yaitu Care Janger Pegok, Kanti Kisut, Like Share Comment, Irage Mejajal Mereka Mengangkasa, Suud Monto dan lain-lain. (ist)

Baca Juga :   Perupa Bakti Wiyasa: Turah Panji Astika Figur Nyata Pelestari Budaya Tabanan

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar