Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gus Adhi Tanam Pohon di Kawasan Mangrove

(Dutabalinews.com), Anggota Komisi II DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan area Pemelastian dan Penganyutan Desa Adat Kepaon, Pemogan, Minggu (6/6). Penghijauan yang dihadiri Walikota Denpasar IGN Jaya Negara bersama Kelompok Nelayan Simbar Segara Desa Adat Kepaon dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kadis PUPR Kota Denpasar I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta, Camat Denpasar Selatan I Wayan Budha serta Bendesa Adat Kepaon AA Ketut Wirya.

Gus Adhi sapaan Angggota DPR RI dari Fraksi Golkat ini mengatakan kegiatan penanaman pohon yang dirangkai dengan aksi bersih-bersih ini sangat penting dan bermanfaat dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Sudah tentu lingkungan yang terjaga akan memberi pula daya tarik bagi masyarakat untuk datang di kawasan yang juga dikembangkan untuk pariwisata ini. Apalagi kawasan ini juga dijadikan tempat kegiatan upacara,” jelas Gus Adhi.

Gus Adhi menambahkan penanaman pohon mangrove dan jenis lainnya seperti sawo di seputar kawasan ini diharapkan dapat menjadi paru paru kota.

Sementara Walikota Jaya Negara mengatakan dengan bersinergi bersama Desa Adat Kepaon dan OPD terkait masyarakat dapat menikmati dan menyisir sungai dan areal mangrove ini sehingga dapat menjadi potensi objek wisata baru di Kota Denpasar khususnya di Desa Adat Kepaon.

Bendesa Adat Kepaon AA Ketut Wirya mengatakan sekitar seratus pohon bakau dan sawo kecik ditanam pada kegiatan itu. Ditanya hambatan aliran air di kawasan itu salah satu penyebabnya karena tumbuhnya bakau di aliran sungai dalam kawasan. “Bakau itu tumbuh karena adanya biji bakau yang hanyut terbawa arus,” jelasnya. (bas)

Baca Juga :   Bertambah Pasien Covid-19 di Bali Meninggal, Total Mencapai 20 Orang

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar