Pariwisata & Budaya

Implementasi Fungsi Pers, Atnews Gelar Pagelaran Seni dan Budaya di MPB

(Dutabalinews.com), Media Siber Atnews menggelar Pagelaran Seni dan Budaya dalam memeriahkan peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Atnews tanggal 18 Oktober mendatang dengan tema “Sumbangsih Warga untuk Negeri”.

Kegiatan itu dilaksanakan di depan Simbol-Simbol Agama yang diresmikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal (MPB).

Dengan melibatkan siswa SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Bali (Unud, PNB, STISPOL Wira Bhakti). Tiga Dewan Juri yakni Drs. I Ketut Mandala Putra M.Hum, I Made Adiwidya Yowana SH MH.Li dan Kadek Surya Kencana.

Acara itu dibuka oleh Direktur Utama Atnews I Wayan Artaya didampingi Ketua Umum MPB, Dr. Bagus Ngurah Putu Arhana, SpA(K), Ketua Korps Menwa Indonesia (KMI) Bali Bagus Ngurah Rai dan Ketua Panitia Bersama Peringatan HUT ke-57 Resimen Ugrasena Bali, HUT ke-3 Atnews Mumtazah Mardliyah, S.Ked.

Sekaligus acara itu dalam memperingati rangkaian HUT ke-57 Resimen Ugrasena Bali, 29 September. Begitu pula dalam perayaan HUT ke-76 MPB sebagai Puncak Pertemuan Perang Rahasia Gerakan Bawah Tanah Perang Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 16 Agustus.

Dirut Atnews Artaya mengharapkan ajang itu memberikan wadah kreativitas anak muda dalam menyalurkan bakat dan minatnya bidang seni dan budaya.

Seni dan budaya tidak mengenal sekat baik suku, ras, golongan, agama tertentu. Namun lebih bersifat universal dan memperkuat persatuan dan kesatuan warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pagelaran itu pula sebagai hiburan masyarakat dan implementasi dari fungsi pers itu sendiri yang tertuang dalam pasal pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial.

Sedangkan Pasal 6 UU Pers Nasional melaksanakan peranan sebagai berikut: Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan HAM.

Pers juga harus menghormati kebinekaan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar melakukan pengawasan.

Dijelaskan pula, sesuai dengan UU No 40 tahun 1999 tentang Pers. Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Baca Juga :   Yuk Santap Sajian Berbagai Macam Makanan dan Minuman di Hotel Santika Premiere Bintaro

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat cerdas dalam memilih berita-berita yang tersebar dan pilih dari sumber-sumber yang terpercaya.

Mengingat media informasi dewasa ini berkembang amat pesat, baik media cetak, elektronik maupun media internet.

Saat ini bisnis dibidang pers mengalami persaingan yang ketat, karena itu industri surat kabar dituntut untuk mengemas produk informasinya lebih kreatif dan inovatif

Dengan demikian, Atnews akan ikut berpartisipasi dengan membuat media yang berbasis digital tersedia pada masing-masing gedget dan smartphone.

Atnews berasal dari kata At artinya tempat dan news artinya berita. Atnews tempatnya berita atau pusatnya berita untuk menghantarkan tujuan sejati umat manusia.

“Mari ikuti terus berita berita Atnews yang Cerdas, Berbudaya, Independen,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bersama Peringatan HUT ke-57 Resimen Ugrasena Bali, HUT ke-3 Atnews Mumtazah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara tersebut.

Selama acara diharapkan peserta selalu mengikuti protokol kesehatan dalam mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

Selama ini, pihaknya sudah mendukung program vaksianasi tersebut sudah diikuti oleh 86.900 orang dari 167 titik vaksinasi dengan melibatkan 400 relawan mahasiswa dari Fakuktas Kodeteran PT baik swasta dan negeri di Bali, Menwa Ugrasena maupun mahasiswa yang berminat dan siap mengabdi kepada bangsa dan negara dalam mewujudkan zona hijau dari Covid-19.

“Upaya itu sebagai bentuk pengabdian warga negara dan anak muda bangsa di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sekaligus memberikan bantuan sosial sembako dan masker kepada Pemangku. Acara itu sebagai pelaksanaan program Dharma Yatra Pura Kahyangan Jagat. Dimana pura yang ada di Bali yang menjadi stana sembilan Dewa penguasa sembilan penjuru mata angin. Sembilan Dewa penguasa sembilan penjuru mata angin disebut dengan Dewata Nawa Sanga.

Bahkan pihaknya sudah menyalurkan beras hampir dua ton beras ke seluruh daerah Bali.

Selain itu, pihaknya telah menggelar ziarah ke Monumen Perjuangan Tanah Aron (Karangasem). Sebelumnnya juga, pihaknya sudah mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kirtya Kretta Mandala Gianyar, Semara Loka Klungkung, Pancaka Tirta Tabanan, Curastana Singaraja, Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Monumen Munduk Malang dan Monumen Operasi Lintas Laut Jembrana.

Baca Juga :   Sandiaga Uno: Bima Destinasi Wisata Baru di Indonesia

Kegiatan itu didukung oleh Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Monumen Perjuangan Bangsal, Korps Menwa Indonesia (KMI) Bali. Korps Menwa Ugrasena (KMU) Bali, dan Kaori Group. Pengabdian itu terus dilakukan sebagai sumbangsih warga dan anak bangsa kepada bangsa dan negara. (ist)

Berikan Komentar