​Penyuluhan Penanganan Sampah di Pura Luhur Ulun Suwi Watu Lumbung Desa Senganan Penebel

(Dutabalinews.com),Program penyuluhan penanganan sampah plastik dan organik di pura dan masyarakat desa dilaksanakan di Pura Luhur Ulun Suwi Watu Lumbung di Soka Desa Senganan Kecamatan Penebel, belum lama ini. 

Penyuluhan dihadiri oleh Penganceng Pura Pemangku Pura Luwur Watu  Lumbung, Bendesa Senganan, BPD Desa Senganan, Adat Desa Soka, Perbekel Desa Riang, relawan pengelola sampah Desa Soka, Cemenggon Gianyar, Desa Bantas dan Desa Petiga.

Keperdulian lingkungan yang diprakarsa bersama ini dipandu pemaparan oleh Janur Yasa yang sudah malang melintang dalam program peduli sampah. Janur Yasa yang alumni, senior Mapala Udayana ini didampingi rekannya antara lain Gede Nyoman Paramartha, santoso,dll. Juga hadir Ketua NCPI (Nawa Cita Pariwisata Indonesia) Bali Agus Maha Usadha.

Dalam penyuluhan, peserta terlihat sangat antusias menyimak pemaparan yang disampaikan juga terkait nilai tambah dari pupuk organik yang dihasilkan serta pemilahan plastik yang mempunyai nilai ekonomis.

Dalam diskusi juga muncul agar disiapkan bank sampah sebagai media ekonomi terkait keperdulian lingkungan. Pada pertemuan juga disampaikan testimoni dari pelaku di Desa Petiga bagaimana hasil kemajuan atas kebersihan lingkungan dan nilai tambah ekonomi yang diwujudkan.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan 2 titik pengolahan sampah oleh pembicara Janur Yasa untuk Pura Luhur Watu Lumbung. Sosialisasi terkait pengolahan sampah di sumber ini dipandang perlu secara terus menerus disampaikan kepada masyarakat, terutama agar terbiasa membuang sampah yang sudah dipilah di sumber. Tentu harus dibarengi dengan tindakan nyata, seperti fasilitasi sarana tong sampah. (ist) 

Baca Juga :   Ajak Konsumen Weekend Bersama Astra Motor dengan Fun Race Mini Tamiya

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar