Objek Wisata Tukad Barong, Pesona Tersembunyi Desa Yangapi

(Baliekbis.com), Berlibur, menghirup udara segar sembari menikmati gemericik air yang jatuh dari ketinggian, apalagi ditemani dengan pesona alam yang cantik merupakan suatu pilihan aktivitas yang baik untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk rutinitas kehidupan dengan segala mobilitas yang tinggi. Bali sebagai daerah destinasi wisata ternyata juga memiliki spot-spot wisata air terjun yang dapat dijadikan pilihan untuk dikunjungi kala rasa jenuh mulai menyerang. Kabupaten Bangli merupakan salah satu kabupaten yang memiliki spot-spot wisata air terjun indah, seperti Tukad Cepung Waterfall Bali.

Tukad Cepung ini menyajikan sebuah air terjun yang mengalir deras melalui gua, diterangi sinar matahari yang alami. Tak mengherankan jika destinasi wisata Tukad Cepung Waterfall ini populer dikalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Tukad Cepung Waterfall Bali berlokasi di Jalan Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Tak kalah dari tetangga cantiknya, ternyata terdapat satu pesona tersembunyi yang masih berlokasi di kecamatan Tembuku, tepatnya di Banjar Umbalan, Desa Yangapi. Destinasi air terjun yang dimaksud adalah Objek Wisata Tukad Barong. Objek wisata ini masih tergolong baru dan sepi karena baru dibuka sekitar bulan Juni 2019.

Tukad Barong sendiri merupakan air terjun yang mengalir dari celah gua, dengan lorong yang menghubungkan antara air terjun dengan sungai kecil yang berada di luar gua. Melintasi sungai kecil sebentar akan langsung bertemu dengan air terjun bendungan yang berada persis di samping goa serta tempat pertirtaan yang dapat digunakan sebagai tempat melukat bagi umat Hindu. Perjalanan menuju lokasi juga memberikan kesan unik, menarik dan cantik. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai di air terjun dengan berjalan kaki adalah sejauh satu kilometer.

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan indahnya pesona perkebunan penduduk serta pemandangan alam yang masih asri dan indah ala pedesaan. Setelah menyusuri jalan setapak di tengah perkebunan penduduk, tidak memerlukan waktu lama bagi pengunjung untuk berjumpa dengan jembatan akar sepanjang lima meter yang terbentuk secara alami berkat keberadaan pohon Bunut tua yang sudah berumur ratusan tahun. Spot jembatan unik ini juga dapat dijadikan sebagai spot untuk selfie atau sekedar mengambil foto dengan latar belakang yang indah dan instagramable. Selain melalui perkebunan dan jembatan akar, untuk sampai di air terjun sekali lagi harus melalui spot unik lainnya, yaitu lorong tebing yang tidak kalah menarik dan cantik.

Baca Juga :   Tahun ke-3 Festival Tepi Sawah, "Berkolaborasi dan Berkarya Dalam Kebersamaan"

Spot ini juga dapat dijadikan spot untuk berfoto. Sekilas jika melihat air terjun Tukad Barong, tebing-tebing yang berada di sekitaran air terjun mirip seperti pesona objek wisata air terjun Tukad Cepung. Objek wisata Tukad Barong memang begitu menawan, indah dan tentu saja unik. Pesona tersembunyi objek wisata Tukad Barong bisa menjadi tujuan berlibur yang menarik. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar