Kapal Perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Spey Singgah di Benoa

(Dutabalinews.com),Pangkalan TNI AL (Lanal) melaksanakan pengawasan dan kegiatan kedatangan kapal perang kerajaan Inggris HMS Spey (P234) bertempat di Dermaga Benoa Bali dalam rangka selesai melakukan exercise CACREX yang melibatkan pesawat berkemampuan maritime patrol milik TNI (TNI AL dan TNI AU), Jumat (30/9/2022).

Adapun tujuan dari latihan bersama tersebut dalam rangka menguji alat komunikasi kapal HMS Spey (P234) dengan pesawat TNI, pada frekuensi VHF dan UHF. Kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris His Majesty’s Ship (HMS) Spey dengan nomor lambung P234 dengan membawa puluhan personel itu dipimpin Wakil Komandan Kapal HMS Spey Letnan Komandan Bridget Macnae langsung disambut dengan Tari Poco Poco dari Maluku, Tari Gemu Famire dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan joged Bali.

Kapal Perang HMS Spey mengunjungi Bali untuk pertukaran budaya dengan TNI Angkatan Laut. Kapal patroli lepas pantai terbaru dari Inggris itu akan berada di Pelabuhan Benoa sampai 3 Oktober 2022.

Adapun data kapal sbb :

– Nama kapal : HMS SPEY (P234)

– Captain : Commander Michael Proudman RN

– Ship Type : Batch 2 River-class offshore patrol vessel

– Length : 90.5 m

– Width : 13.5 m

– Draught : 4.3 m

– GT : 2454

– Call Sign : GSPY

– Speed : 25 knots

– Armament :

1 × 30 mm DS30B gun,

4 × General purpose machine guns, dan 

2 × miniguns

Kedatangan HMS Spey langsung disambut oleh Perwakilan Kedutaan Besar Inggris diwakilkan oleh Atase Pertahanan Kerajaan Inggris Colonel Paul Reynolds dan Vice Consult Konjen Inggris di Denpasar John Makin.

Hadir pula dalam penyambutan Komandan Lanal Denpasar diwakili oleh Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, Perwira Staf dan Anggota Lanal Denpasar.

Dalam sambutaya Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., yang dibacakan Palaksa Lanal Denpasar  intinya mengaku bangga dengan kunjungan HMS Spey bersama puluhan kru-nya. Dirinya berharap hubungan baik Indonesia dan Inggris tetap terjaga dengan baik.

“Selamat datang kepada HMS Spey. Saya ucapkan terimakasih atas kunjungan kehormatan ini. Saya berharap kunjungan ini akan menjadi momen istimewa dan menjadi semangat persahabatan bagi Indonesia dan Inggris,” ungkap Danlanal.

Baca Juga :   Polda Bali Rangkul Asosiasi Driver Online di Bali, Sinergi Wujudkan Pemilu 2019 Aman dan Damai

Sementara itu Wakil Komandan HMS Spey Bridget Macnae dalam sambutannya mengaku senang bisa datang ke Bali. Kunjungan ini merupakan pertama setelah lebih dari 25 tahun sejak kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di sini.

“Kami sangat menantikan kesempatan untuk pertukaran budaya, olahraga dan tarian-tarian tradisional Indonesia. Kunjungan ini juga merupakan waktu bagi kami untuk memanfaatkan layanan logistik di Bali, mengisi persediaan bahan makanan segar,” tuturnya.

HMS Spey tengah beroperasi selama 5 tahun di kawasan Indo-Pasifik bersama kapal perang AL Inggris HMS Tamar, bekerja bersama para mitra dan sekutu untuk membantu mengatasi tantangan di sektor keamanan dan mendukung negara-negara dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

“Membangun kemitraan yang kuat dan langgeng dengan Indonesia adalah inti dari misi Inggris di sini. HMS Spey adalah demonstrasi fisik dari komitmen Inggris untuk memperdalam hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan dengan Indonesia dan negara-negara lain di kawasan Indo-Pasifik,” pungkasnya.(ist) 

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar