Global

ZIN Hotel Canggu Rayakan HUT-5, Tetap Komit terhadap Pelestarian Lingkungan

(Dutabalinews.com),Visi ZIN Hotel Canggu Bali dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan pengendalian iklim terhadap emisi karbon serta pengelolaan transportasi yang berkelanjutan patut diacungi jempol. Bahkan kontribusinya dalam mendukung perhelatan KTT G20 dalam mengimplementasikan moda transportasi kendaraan yang ramah lingkungan juga patut diapresiasi.

“Komitmen ZIN sejak 2 tahun lalu untuk menggencarkan penggunaan sepeda motor listrik di destinasi pariwisata mulai membawa hasil yang positif,” kata Pemilik Hotel Zin, Canggu, Manangu Peter (46) di sela-sela perayaan Ulang Tahun ke-5 hotel miliknya, Jumat (28/10/2022),

Pihaknya mengaku sangat faham serta mematuhi Peraturan Gubernur Bali (Pergub) Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Bebasis Baterai (KLBB), dan Pergub Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih.

“Kami bahkan telah membangun ekosistemnya, mulai dari penggunaan kendaraan listrik untuk para tamu hotel sampai mendorong ‘green lifestyle’ karyawannya dengan bantuan kepemilikan transportasi operasionalnya dengan biaya murah, sampai dengan melakukan kerja sama intensif dengan SWAP Poin sebagai Pusat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di kawasan Canggu,” tutur Manengu.

Dedikasi dan dukungannya terhadap ‘Bali Go Green’ ini tidaklah main-main, selain bekerjasama dengan kendaraan listrik SMOOTH dan GODA, hotel yang terletak hanya 300 meter dari Pantai Batu Bolong ini berencana akan melengkapi ‘roof top’ nya dengan energi tenaga surya (solar panel) agar memiliki cadangan energi yang cukup sebagai persiapan menjadi Pusat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Melalui program ‘ZIN Impact’, kami ingin berkontribusi terhadap lingkungan,” kata pengusaha yang sejak SD hingga SMA dibesarkan di Palu, Sulawesi Tengah, mengikuti orangtuanya yang berprofesi dokter.

‘ZIN Impact’ ini terdiri dari berbagai bidang. Untuk ‘ZIN Academy’ misalnya, diperuntukkan bagi karyawan yang ingin meningkatkan pendidikannya ke jenjang kompetensi yang lebih tinggi. Selanjutnya ada program ‘ZIN Green Mobility’. Program inilah yang sesungguhnya mendukung eco-green yang menjadi isu hangat pada Presidensi G20.

Terbukti, kerjasamanya dengan PT SWAP Energi Indonesia (SWAP Poin) yang menjadi pelopor penggunaan baterai dengan sistem Swap yang akhirnya digunakan oleh berbagai mini market untuk kebutuhan men-charge baterai kendaraan listrik masyarakat. (ist)

One thought on “ZIN Hotel Canggu Rayakan HUT-5, Tetap Komit terhadap Pelestarian Lingkungan

Berikan Komentar