Ekonomi & Bisnis

​Reses Dr. Mangku Pastika,M.M., Keberadaan BUMDes Harus Bermanfaat bagi Perekonomian Masyarakat

(Dutabalinews.com),Anggota DPD RI dapil Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. mengapresiasi BUMDes Taman Harapan, Desa Taman Abiansemal yang berkembang pesat dalam memanfaatkan potensi ekonomi di desa.

“Karena yang penting adalah bagaimana menolong usaha ekonomi masyarakat bisa lebih sejahtera. Kehadiran BUMDes adalah untuk meningkatkan perekonomian desa, dan usaha masyarakat dalam mengelola potensi yang ada,” ujar Mangku Pastika saat Reses di BUMDes Taman Harapan Desa  Taman Abiansemal Badung, Senin (19/12).

Dalam Reses yang mengangkat tema “Peranan BUMDes dalam Meningkatkan Perekonomian Desa untuk Kesejahteraan Rakyat”, Mangku Pastika yang kini duduk di Komite IV DPD RI membidangi antara lain APBN, pajak, lembaga keuangan dan perbankan, BUMN, JMKM dan koperasi didampingi Tim Ahli Nyoman Baskara, Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja.

Kepala Desa Taman IGM Sudarpa didampingi Ketua BUMDes Taman Sejahtera Ni Wayan Sri Astuti,SE kepada Mangku Pastika menjelaskan BUMDes di daerahnya yang berpenduduk sekitar 7 ribu jiwa itu telah berdiri sejak tahun 2013 silam dan berkembang cukup pesat.

Selain melayani usaha simpan pinjam, BUMDes juga mengelola usaha dagang. Untuk usaha simpan pinjam, BUMDes juga melayani kebutuhan warga seperti alat elektronik dan kebutuhan lainnya. “Kami yang memodali, selanjutnya warga mencicil ke BUMDes sesuai kemampuannya. Saat ini kita juga membantu kebutuhan peternak babi dalam pengadaan pakan,” tambah Sudarpa.

Peternakan babi sangat potensial di desa tersebut. Terbukti puluhan ternak yang dibantu berkembang dan menguntungkan peternak. Mendengar perkembangan BUMDes yang kini modalnya tumbuh miliaran itu, Mangku Pastika berharap agar terus dilakukan upaya-upaya inovasi. sehingga bisa tetap berkembang di tengah persaingan usaha yang makin tinggi.

“Jadi selain usaha simpan pinjam dan perdagangan yang menjadi andalan, BUMDes perlu didukung teknologi serta manajemen (pemasaran) agar bisa meningkatkan daya saing sehingga lebih cepat berkembang,” ujar mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Dikatakan keberadaan BUMDes sangat strategis dalam memperkuat pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan. Sehingga dengan dukungan modal kerja, usaha masyarakat tumbuh lebih bagus dan pendapatannya meningkat. (bas)

Berikan Komentar