Ekonomi & Bisnis

​Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusra Gelar Pelatihan Ecoprint Bagi Masyarakat Pesisir di Bali

(Dutabalinews.com), Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusa Tenggara bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Desa Pemogan Denpasar Selatan dan Griya Anyar Dewata menyelenggarakan  Pelatihan Ecoprint bagi masyarakat pesisir yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Mina Mesari Simbar Segara bertempat di Posko KUB Simbar Segara di Pemogan.

Bantuan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Program Penguatan UMK pada Program Pelatihan dan Sertifikasi Usaha, sehingga dengan diberikannya bantuan ini menjadi bukti komitmen Pelindo dalam penguatan UMKM bertumbuh dan berkembang, menjadi mandiri dan kreatif.

Pelatihan Ecoprint adalah teknik olah dengan cara mencetak warna alam pada media berserat alam dengan beberapa teknik yang dikerjakan secara manual atau tidak melibatkan mesin dan juga tidak menggunakan cairan kimia yang berlebihan (ramah lingkungan).

Bahan yang digunakan sebagai pewarna kain adalah berasal dari buah mangrove, daun-daunan dan warna alam lainnya yang dapat diolah menjadi pewarna. Pewarnaan kain (dapat juga pada media kulit dan kertas) dengan teknik ecoprint juga merupakan suatu kegiatan dalam menjaga alam, memanfaatkan limbah alam yang ada di sekitar.

Juga bagian dari peran Pelindo dalam program pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca dan dekarbonisasi karena ramah lingkungan dan juga termasuk dalam pengelolaan limbah menjadi produk yang berguna tanpa merusak alam tentunya.

Dalam sambutannya Sri Kusumayanthi mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pelindo atas kerjasamanya dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar terhadap pelatihan ecoprint kepada Poklahsar Mina Mesari Simbar Segara.

“Mudah-mudahan bisa menambah keterampilan pengetahuan sehingga bisa menambah pendapatan dan perekonomian masyarakat pesisir,” ungkapnya, Kamis (20/7).

Di samping itu program pelatihan ini juga memberikan peluang kepada UMKM dalam meningkatkan keterampilan sehingga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan dapat dibangun dengan usaha konsisten.

Maka sejalan dengan itu agar usaha ini konsisten dan berkelanjutan Pelindo memberikan bantuan pelatihan ecoprint dalam hal mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pengolahannya hingga bagaimana diproduksi dan modal kerja melalui pemberian bahan produksi.

Baca Juga :   Restaurant Shrida di Ubud, Tempat Bertemunya “Asam di Gunung dan Garam di Laut”

Sementara itu perwakilan Poklahsar Mina Mesari Simbar Segara, Dwi Utami Setyowati mengungkapkan kegembiraannya mendapatkan pelatihan ini. “Manfaat pelatihan ini adalah kami bisa mendapatkan keterampilan baru yakni ecoprint, bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan memberikan peluang bisnis yang baru bagi kami,” ungkapnya. 



CEO Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusra pada kesempatan terpisah menyampaikan bantuan ini adalah bagian dari kontribusi dan kepedulian Pelindo kepada pemberdayaan masyarakat pesisir yang merupakan wilayah Ring 1 Pelabuhan Benoa agar sejahtera dan menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan sumder daya yang ada menjadi produk yang bernilai ekonomi.

“Dan yang lebih istimewa adalah pelatihan ecoprint ini juga merupakan komitment Pelindo dalam pelestarian dan ekosistem alam,” Pungkas Ali Sodikin. (ist)

Berikan Komentar