Politik

Menyambut Pesta Demokrasi 2024 Para Dosen UNBI Berikan Pendidikan Politik dan Demokrasi di Kalangan Pemuda Desa Sukawati

Bertempat di Kantor Desa Sukawati, kegiatan ini dihadiri langsung oleh perangkat desa setempat dan diikuti oleh lebih dari lima puluh perwakilan pemuda desa yang terdiri atas pengurus karang taruna desa dan seka teruna dan teruni dari masing-masing banjar di lingkup Desa Sukawati. Dosen-dosen UNBI beserta Perangkat Desa dan Pemuda Desa Sukawati Terdapat empat materi pokok yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi kali ini, pertama ialah tentang Implikasi Globalisasi terhadap Dinamika Iklim Demokrasi di Indonesia yang disampaikan oleh Katong Ragawi Numadi, M.Hub.Int selaku dosen Hubungan Internasional UNBI.

Dalam pemaparannya Katong menjelaskan bahwa proses globalisasi yang terjadi secara masif dewasa ini telah menyediakan peluang sekaligus tantangan bagi perkembangan demokratisasi di Indonesia. Materi kedua yang disampaikan oleh Dr. I Nengah Nuarta, S.H., M.H., yang merupakan dosen Hukum UNBI, bertemakan Hak dan Kewajiban Masyarakat dalam Sistem Demokrasi pada Ajang Pemilu tahun 2024. Beliau menegaskan bahwa memilih dalam pemilihan umum telah dijamin sebagai hak setiap warga negara, tidak terkecuali kalangan pemuda.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Permasalahan Administrasi yang Kerap Terjadi dalam Pemilu yang disampaikan oleh Made Dewi Wahyuni, S.Sos., MAP. Dalam pemaparannnya, Dewi menjelaskan tentang alur pemilihan umum, permasalahan adminsitrasi pemilu sampai dengan solusi yang dapat dilakukan oleh masyarakat ketika terjadi pelanggaran atau permasalahan. Terakhir, Dewa Gde Yoga Yoga Permana, S.E., M.M. yang merupakan dosen Administrasi Niaga memaparkan tentang Potensi Pengembangan Bisnis di masa pemilihan umum.

Bahwasanya, pemilu bukan sekadar proses politik namun menyediakan potensi bisnis bagi kalangan usaha kecil menengah dan para pengusaha muda. Selaku Kepala Desa Sukawati, Dewa Gede Dwi Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tertinggi bagi terselenggaranya program pendidikan politik dan demokrasi yang diinisiasi oleh para dosen UNBI. Lebih lanjut, beliau mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat, meningkatkan pengetahuan kalangan pemuda serta membangkitkan semangat pertisipasi pemuda, khususnya di lingkungan Desa Sukawati, tentang politik dan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga :   Gubernur Minta Tenaga Medis Jangan Kendor Tangani Covid-19

Menyusul sambutan tersebut, Dewa Gde Yoga Permana S.E., M.M. selaku ketua panitia pertama-tama menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak perangkat desa karena telah mengijinkan terselenggaranya kegiatan pendidikan politik dan demokrasi kali ini. Kemudian pihaknya menekankan kembali pentingnya penanaman pemahaman nilai-nilai demokrasi di kalangan para pemuda, terutama mereka yang berada pada kelompok usia Generasi Z mengingat lebih dari 50% pemilih pada Pemilu 2024 merupakan kalangan muda.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pemahaman politik dan demokrasi pemuda Bali, khususnya di lingkup Desa Sukawati sehingga Pemilu 2024 nanti berjalan sukses dan lancar” tutup Dewa Yoga. (ist)

Berikan Komentar