Reses di Ubud, Dr. Mangku Pastika, M.M. Puji Pengusaha Lakukan Simbiosis Mutualisme dengan Lingkungan

“Hidangannya enak luar biasa dan bermacam-macam, banyak yang lokal. Saya juga lihat ada simbiosis mutualisme dengan lingkungan, ada konservasi di sini sehingga lingkungan tetap terjaga dan asri, ” ujar Mangku Pastika saat mengunjungi Restoran Mang Engking, Senin (7/8) di kawasan Ubud.

Dalam kunjungannya Mangku Pastika yang didampingi Tim Ahli Nyoman Baskara, Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja diterima Penanggung Jawab Restoran Bale Udang Mang Engking Ubud Putu Wira Putra.

Mangku Pastika juga memuji restoran yang khas menyajikan makanan lokal dan nusantara ini tetap dapat bertahan di masa covid. “Ini kinerja yang luar biasa. Sebab tidak semua usaha bisa bertahan menghadapi pandemi Covid-19,” jelas mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Mangku Pastika nampak sangat mengagumi pemandangan sawah dan hijauan yang mengitari restoran yang telah berdiri sekitar sepuluh tahun itu.

Sebagaimana diungkapkan Putu Wira Putra, selain restoran di areal seluas sekitar 1,3 hektar itu juga tersedia sejumlah fasilitas ruang terbuka hijau untuk berbagai kegiatan seperti outbond, wedding juga untuk tracking. Pihaknya juga bekerja sama dengan pemilih sawah sekitar restoran sehingga lingkungan tetap terjaga.

 

Wira Putra menambahkan tamu yang datang sangat menyukai makanan rumahan, tradisional. “Sekarang ini konsumen ke makanan back to nature, seperti masakan pedesaan. Jadi market Indonesia food sangat bagus asal didukung servis dan pelayanan yang baik,” jelasnya.

Market Vietnam dan Cina

Selain domestik, kebanyakan tamu yang datang dari Vietnam sekitar 30 persen), Cina (30 persen), domestik/lokal (30 persen), selebihnya dari Malaysia, India, Australia dan Eropa sekitar 10 persen.

Wira Putra mengaku optimis dengan makin pulihnya kunjungan wisatawan ke Bali. “Wisatawan yang datang pascacovid terus meningkat. Bahkan saat liburan, restoran dengan 600 seat ini cukup banyak pengunjungnya,” ungkap Wira Putra. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar