Sosial & Seni

Pujawali Pasemetonan PSNKK Kembali Dilaksanakan Hari Raya Kuningan di Pura Dalem Tungkub, Keramas

Rangkaian pujawali diawali Jumat (11/8), berupa upacara Mecaru, nedunan lanjut ngias. Pada Sabtu, 12 Agustus 2023 ngaturang piodalan yang dipuput Ida Pedanda Gede Kekeran dari Geria Kekeran, Blahbatuh, Gianyar. Sedangkan pada Minggu, 13 Agustus 2023 ngaturan upacara Penganyar oleh Jero Mangku.

Senin, 14 Agustus 2023 ngaturan upacara Penganyar oleh Jero Mangku dan pada Selasa, 15 Agustus 2023 ngaturan upacara penyineban.

Kegiatan persembahyangan dilaksanakan setiap hari mulai Sabtu,12 Agustus 2023 sampai dengan hari Panyineban bagi pemedek.

Ketua Umum Pasemetonan PSNKK IGA Ngurah Sudarsana, S.H.,M.H. didampingi Panitia Upacara IGA Made Putera menjelaskan bertepatan hari raya Kuningan yang merupakan pujawali Ida Bhatara Kawitan, bagi umat yang ingin melaksanakan persembahyangan sudah bisa dilakukan sejak pagi.

Seiring banyaknya pratisentana Ida Bhatara yang akan melaksanakan persembahyangan, guna menjaga kenyamanan umat, panitia akan melakukan pengaturan sehingga persembahyangan berjalan lancar.

Ketua Umum Pasemetonan PSNKK IGA Ngurah Sudarsana berharap semoga atas asung waranugraha Ida Bhatara Kawitan Shri Nararya Kreshna Kepakisan Penglingsir dan Semeton dalam keadaan sehat sejahtera.

“Bersama ini kami sampaikan Upacara wali/piodalan Ida Bhatara Kawitan Shri Nararya Kreshna Kepakisan berjalan sesuai dengan pewatekan wali/piodalan Idane tepat pada Hari Raya Kuningan Sabtu, tanggal 12 Agustus 2023,” ujarnya.

Dijelaskan Ida Bhatara Kawitan Shri Nararya Kreshna Kepakisan akan nyejer sampai dengan Hari Selasa, 15 Agustus 2023 di Pelinggih Gedong Dalem Tungkub Puri Gede Keramas.

Adapun susunan acara wali piodalan dapat disampaikan sebagai berikut:

Pada kesempatan tersebut, IGA Sudarsana mohon kepada Ketua Pengurus Pasemetonan Kabupaten/Kota, Pengurus Yowana Bhakti dan Pengurus Satria Shri Nararya Kreshna Kepakisan untuk melanjutkan informasi terkait upacara ini kepada Penglingsir, Manggala Merajan Agung, Merajan Panti, Merajan Dadya Pasemetonan Pratisentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan di lingkungan masing-masing. (ist)

Baca Juga :   ​Lembaga Dharma Duta PHDI Sulawesi Tenggara Gelar Workshop Calon Dharma Duta Tahun 2023

Berikan Komentar