Pendidikan & Olahraga

Antisipasi Siswa Salah Pilih Jurusan di PTN/PTS, Tumbuh Bersama Bangsa dan SMAN 3 Denpasar Gelar Edu Fair  

(Dutabalinews.com),Untuk mengenalkan lebih awal Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se – Bali, PT Tumbuh Bersama Bangsa dan SMAN 3 Denpasar (Trisma) menggelar Edu Fair dalam acara Pameran Pendidikan di Denpasar, Selasa (22/8).

Edu Fair yang berlangsung selama dua hari, 22-23 Agustus 2023 melibatkan 15 PTN/PTS, Lembaga Kursus dan Sponsor. Acara ini juga masih dalam rangkaian Peringatan HUT ke-78 Proklamasi RI.

Perwakilan Panitia Edu Fair Anak Agung Ayu Ratih Diah Utami mengaku, acara itu mendapat sambutan antusias dari siswa dan guru-guru Trisma. Menurutnya, Edu Fair tersebut sebagai ajang jemput bola siswa-siswi SMA/SMK untuk sosialisasi PTN/PTS dalam menyambut Tahun Ajaran 2023/2024.

Sosialisasi itu dilakukan agar siswa lebih mengenal PTN/PTS lebih awal. “Antusias siswa bagus, acara ini bisa mengenalkan PTN/PTS lebih merata,” ujarnya. Diharapkan, acara itu mampu memperkenalkan berbagai program studi (Prodi) PTN/PTS agar diketahui siswa lebih dini. “Mereka juga tidak sampai salah pilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat, minat dan peluang kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dewi Rustinawati menyambut baik acara tersebut yang dirangkaikan dengan Pameran Pendidikan, Expo Wirausaha dari siswa.

Hal itu sebagai bentuk implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Pada kesempatan itu ditampilkan karya seni siswa maupun wirausaha baik kuliner, teknologi dan karya. Edu Fair itu dinilai mampu mengefektifkan waktu, sosialisasi lebih merata. “Siswa juga mendapatkan informasi lebih merata dan mendetail,” ujarnya

Trisma memiliki visi “Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas, Berbudaya, dan Berkarakter yang Berwawasan Tri Hita Karana” telah memasuki 46 tahun, memiliki ribuan alumni.

Para alumninya sudah masuk PTN/PTS di Bali maupun kampus ternama di Indonesia yakni UGM, UI, ITB, ITS, UNDIP,  UB. Bahkan diterima di kampus luar negeri dengan program bea siswa.

Baca Juga :   Pameran Situs dan Ritus Peradaban Bali Tua Banyak Diminati Pelajar

Menurut Rustinawati, acara Edu Fair itu baru pertama kali digelar di Trisma. Siswa nampak begitu antusias mencari profil kampus untuk disesuaikan dengan cita-citanya.

Trisma dikenal dengan sekolah berbasis riset dan prestasi. Sejak penerapan PPDB zonasi telah mendorong guru-guru berinovasi dan keluar dari zona nyaman dalam memertahankan prestasi sekolah. Oleh karena, calon siswa sudah ditentukan siswa, tidak lagi ditentukan secara mandiri melalui seleksi pihak sekolah.

 

Kepsek Rustinawati mengatakan Trisma selalu memberikan pendidikan terbaik kepada siswa. Pihaknya kerap mendapatkan kunjungan organisasi internasional. Baru saja Trisma dikunjungi UNESCO dalam acara rangkaian konferensi Education for Sustainable Development atau ESD-Net 2030.

Sebelumnya dipilih dikunjungi ketika KTT G20. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak pendamping delegasi G20 serta anggota Dharma Wanita Persatuan Kemendikbudristek mengunjungi SMAN 3 Denpasar dalam spouse program yang dilaksanakan pada hari Kamis (1/9/2022).

SMAN 3 Denpasar telah terlibat dalam salah satu program transformatif Merdeka Belajar yakni program Pendidikan Guru Penggerak. (ist)

Berikan Komentar