​Tingkatkan SDM Dibidang TIK, Stikom Bali Gelar Seminar Internasional Untuk Para Guru SMA/SMK Se-Bali

(Dutabalinews.com),Stikom Bali menggelar acara seminar internasional yang ditujukan untuk para guru SMA/SMK yang acaranya dilaksanakan di Gedung Kerta Gosa Puspem Badung, Kamis (24/8). Seminar internasiolan untuk para guru dihadiri Ketua Yayasan WDS ITB Stikom Bali Drs.IB Dharmadiaksa, M.Si, Dirjen Guru dan Ketenaga Kependidikan Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd, Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang diwakili Kadis Dikpora Badung I Gusti Made Dwipayana, SH, Rektor ITB Stikom Bali Dr. Dadang Hermawan, dan para undangan lainya. Kadis Dikpora Badung  I Gusti Made Dwipayana, SH menyampaikan buat para  guru memasuki era digital dalam pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses belajar mengajar tidak cukup dengan hanya menyiapkan infrastruktur berupa jaringan dan platform/aplikasi saja. “Ada tuntutan yang justru lebih sulit dari itu yaitu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari sisi guru maupun peserta didik,” ucapnya.

Sembari menjelaskan kesiapan SDM dalam dunia pendidikan mutlak diperlukan, sebab tidak ada gunanya infrastruktur dan aplikasi yang mumpuni jika para pengguna baik guru, pelajar, operator atau tenaga administrasi sekolah tidak siap menjalankannya. “Untuk menyiapkan SDM tersebut, perlu dilakukan pelatihan, sosialisasi, seminar baik secara daring atau tatap muka untuk nantinya bisa menguatkan TIK dalam dunia pendidikan,” imbuhnya.

Sementara Rektor ITB Stikom Bali Dr. Dadang Hermawan mengatakan seminar ini memang diperuntukan untuk para guru agar bisa meningkatkan wawasan internasionalnya terutamanya dibidang TIK. Sebagaimana diketahui pada masa ini dan masa yang akan datang TIK itu tidak bisa dihindari termasuk nantinya bisa mengembangkan kepada peserta didiknya. “Maka itu para guru harus mampu meningkatkan skil dan wawasan internasional khususnya dibidang TIK ini agar lebih maju dan berkembang kedepanya,” ucapnya.

Sembari menambahka Stikom Bali memberikan target kepada 5000 guru setiap tahunnya untuk mengikuti pelatihan atau seminar seperti ini dalam mengbangkan SDM dibidang TIK. Kemudian dari Ketua Yayasan WDS ITB Stikom Bali Drs.IB Dharmadiaksa, M.Si menjelaskan bahwa seminar internasional untuk para guru baru kali ini digelar, dan swminar seperti termasuk jarang bisa dilakukan.

Baca Juga :   Dies Natalis ke-1, Gubernur Apresiasi Komitmen UBAD Ciptakan SDM "Creative, Innovative, Excellent"

Sebenarnya inilah kesempatan para guru untuk mengikuti seminar internasional ini dalam meningkatkan SDM dibidang TIK. Kapan lagi pata guru bisa mendapatkan kesempatan terbaik seperti ini. “Ini pelajaran luar biasa untuk para guru agar kedepanya tidak gagap lagi dengan teknologi. Semoga kegiatan seminar internasional seperti ini akan bisa tetap dilaksankan setiap tahunya dalam mengembangkan SDM guru dibidang TIK,” pungkasnya. SUS

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar