Global

SPOWARS – KADIN Bali Teken MoU, Makan Babi Guling dan Kunjungi Koleksi Benda Kuno di Puri Anom Kawan

(Dutabalinews.com), KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Provinsi Bali menggelar sejumlah kegiatan dengan rekan bisnisnya dari Korsel -SPOWARS dalam lawatannya ke Bali. Selain melakukan MoU dengan KADIN Bali pada pagi harinya, delegasi SPOWARS yang dipimpin Park Jun Hyung dijamu makan malam babi guling di Puri Anom Kawan sekaligus melihat berbagai koleksi peninggalan benda kuno di Puri yang beralamat di Jalan Veteran Denpasar ini, Jumat (1/9) malam.

CEO SPOWARS Park Jun Hyung mengaku kagum dengan koleksi Puri Anom Kawan Denpasar. Puri tersebut yang mengoleksi koleksi kuno berupa kain tenun tradisional, lukisan dan benda peninggalan bersejarah lainnya. Park Jun Hyung pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat. Sehingga kunjungannya ke Bali bisa berjalan dengan baik. Di acara gala dinner tersebut, Park  juga mendapat kehormatan memotong babi guling untuk selanjutnya disantap bersama. penyuguhan Babi Guling sebagai makanan khas masyarakat di Bali.

Sementara itu, Ketua Kadin Bali Made Ariandi dalam sambutannya mengatakan destinasi pariwisata Bali harus bisa bersaing. Dan Bali memiliki keunggulan budaya yang menjadi keunikannya. “Karena itu Bali harus bisa mengelolanya sehingga masyarakatnya bisa menikmatinya,” tandas Ariandi. Ia juga berharap pengusaha Bali bisa bekerja sama dengan pengusaha Korea agar Bali semakin maju dan berkembang.

Adapun MoU KADIN Bali dengan SPOWARS antara lain di bidang sport tourism dan entrepreneur tourism, bidang media, komunikasi, dan digitalisasi, bidang investasi dan pariwisata serta bidang entertainment (K-Pop).

Penandatanganan dilaksanakan oleh CEO SPOWARS Park Jun Hyung dengan Ketum Made Ariandi bersama Komite Tetap Spesialis Event Komang Yudha Witaharta MoU Bidang Entertaiment (K-Pop) oleh SPOWARS dan Komite Tetap Spesialis Event.

Begitu juga Ketua Penasehat Kadin Bali ABG Satria Naradha MoU Bidang Media, Komunikasi dan Digitalisasi oleh SPOWARS Korea dan KADIN Bali. Ketua Kadin Bali Golf Club AA Bayu Joni Saputra bersama SPOWARS bidang Olahraga (Golf) dan WKU Bidang Perdagangan dalam Negeri Lie Tonny Mulyadi dalam bidang investasi dan pariwisata.

Baca Juga :   BNN Badung Razia Hiburan Malam, Tiga Pengunjung Terindikasi Gunakan Narkoba

Acara tersebut disaksikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster dan Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama. Sekaligus hadir pula penggagas acara tersebut oleh Dewan Pertimbangan Kadin Bali Komang Gede Subudi.

Kerjasama itu untuk mempercepat perkembangan dan kooperasi bersama antara “KADIN BALI” dan “SPOWARS”, dengan hubungan persaudaraan yang kooperatif berdasarkan kepercayaan dan keyakinan akan kontribusi dalam pemahaman melalui pertukaran dan kooperasi.

Cakupan Kesepakatan Bisnis meliputi, 1) Kerja sama untuk Investasi dan merevitalisasi Budaya pariwisata Bali dan Indonesia, 2) Menyediakan layanan pariwisata, entertainment, dan golf dengan platform Metaverse, 3) Kerja sama untuk revitalisasi industri pariwisata Bali dan kerja sama kedua pihak untuk membuat konten korea dan menggelar konser K-POP, 4) Atlet profesional KLPGA afiliasi SPOWARS bekerja sama dengan KADIN Bali dan KADIN BALI GOLF CLUB untuk mengembangkan industri golf di Bali, dengan menggelar pertandingan dan pertandingan bersahabat, 5) Kerja sama untuk revitalisasi peningkatan bidang media komunikasi dan digitalisasi pariwisata, entertainment dan olahraga Golf. 6) Memperkenalkan sistem pembayaran online di Bali, Indonesia dan menggunakannya sebagai metode pembayaran di dalam platform, 7) Kerja sama perizinan untuk perkenalan layanan platform.

Serangkaian  acara tersebut, KADIN Bali menyerahkan penghargaan Anugerah Tertinggi kepada Gubernur Wayan Koster karena dinilai telah berhasil sebagai peletak Peradaban Ekonomi Kerthi Bali.

Sementara itu Panglingsir Puri Anom Kawan Turah Mayun mengatakan rombongan sangat terkesan setelah melihat berbagai koleksi yang ada di puri. “Puri ini tidak luas, tapi menyimpan berbagai koleksi antik zaman dulu. Bahkan ada kain peninggalan di tahun 1870 yang masih awet,” jelas Turah Mayun yang juga dosen desainer ini.
Koleksi kain kuno itu peninggalan dari Raja Buleleng I Gusti Ketut Jelantik, pahlawan Nasional Indonesia dari Bali yang lahir di Tukadmungga, Kabupaten Buleleng pada 1800. I Gusti Ketut Jelantik semasa hidupnya, I Gusti Ketut Jelantik pernah terlibat menjadi patih dalam perang Bali II atau Perang Jagaraga tahun 1948.

Dosen ISI Denpasar itu mengingatkan sebagai warga Bali yang bisa dibanggakan adalah budaya. “Budaya Bali ini tiada duanya dan menjadi daya tarik luar bisa,” ujarnya. Untuk itu, keunikan budaya Bali itu patut dijaga, setiap tamu yang datang agar dilayani dengan apa adanya. Hal itu akan menjadi promosi paling efektif. “Ketika sudah merasa nyaman, mereka pasti mengajak yang lain akan datang kembali,” ujarnya.

Baca Juga :   Pasca-putus Dihantam Banjir, Jembatan Tiabo di Halmahera Utara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Diakui, meski puri ini kecil tapi tamu yang datang bisa melihat arsitektur Bali dan budayanya. “Saya senang di sini bisa digelar dinner. Juga mereka bisa melihat koleksi puri seperti gallery kain-kain lama dan koleksi foto yang cukup lengkap. Ada foto kuno Puri Denpasar, dan beberapa foto lainnya. Mereka (delegasi Spowars) sangat tertarik dan kagum,” ujar Turah Mayun. (bas)

Berikan Komentar