Pendidikan & Olahraga

Mahasiswi Keperawatan Unud Gelar Parade PHBS Pada Lansia Banjar Mandala Sari Denpasar Timur

Parade PHBS PKM-PM melibatkan tiga orang mahasiswi semester 3 dan semester 5 Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners (PSSKPPN) Universitas Udayana diantaranya Stivani Maria Fransisca Putri sebagai ketua, Ni Putu Manik Tara Bidari Gangga Mahaswari sebagai anggota 1, dan Ni Kadek Yunda Virdian Purnami sebagai anggota 2. Dengan adanya program ini tim Parade PHBS dibimbing oleh dosen PSSKPN yakni Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom. Program ini dilaksanakan sebanyak delapan kali dengan mitra dan satu kali untuk pelatihan kader. Parade PHBS dilakukan di Br. Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur yang diikuti oleh 20 lansia.

Sebelum terjun ke lapangan, kelompok menyempatkan bertemu dengan kader di Br. Mandala Sari untuk bertanya keadaan lansia disini. Memang di banjar ini terdapat banyak lansia namun hanya beberapa saja yang aktif dalam kegiatan rutin banjar seperti senam dan posyandu. Bahkan lansia di Banjar Mandala Sari mendapatkan edukasi terkait PHBS sebelum covid sehingga lansia Banjar Mandala Sari layak untuk upgrade ilmu baru yang nantinya dapat diterapkan di rumah. Beberapa lansia Banjar Mandala Sari juga mengalami kesulitan tidur sehingga kelompok memutuskan selain memberikan edukasi juga memberikan pelatihan yoga diharapkan mampu membuat lansia di Banjar Mandala Sari berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan diri secara mandiri dan dapat meningkatkan kesadaran lansia dalam menerapkan perilaku sehat yang digelarkan oleh kelompok melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang berjudul “Parade Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lansia Menerapkan Perilaku Sehat”.

Baca Juga :   ​IMBASADI 2023, Undiksha Kembali Raih Juara Umum

Setiap pertemuan merupakan kegiatan yang berbeda-beda, dimulai dari pemaparan materi kebersihan diri, pemaparan materi nutrisi, pengenalan yoga, dan pelaksanaan yoga. Untuk mengukur seberapa paham lansia dengan materi yang sudah dipaparkan, kelompok akan menggunakan flash card yang mana nantinya dari kelompok akan memberikan pertanyaan kemudian lansia akan mencari jawaban yang sudah ada pada flash card sehingga diharapkannya materi yang sudah dijelaskan dapat diserap dan dipahami oleh lansia Banjar Mandala Sari. Untuk pelaksanaan yoga dilaksanakan sebanyak dua kali, pelaksanaan yang memusatkan pada pikiran dan pernapasan.

Dengan dituangkannya program Parade PHBS diharapkannya dapat menambah ilmu lansia sehingga nanti dapat dibagikan kepada keluarga, dengan pelaksanaan yoga meningkatkan kualitas tidur lansia sehingga apabila lansia menurunnya kualitas tidur, dapat menerapkannya dirumah. Kelompok juga membagikan buku pedoman mitra yang berisikan materi-materi selama pertemuan.

sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3769-Mahasiswi-Keperawatan-Universitas-Udayana-Menggelar-Program-Parade-PHBS-Pada-Lansia-Banjar-Mandala-Sari-Denpasar-Timur.html

Berikan Komentar