Ekonomi & Bisnis

Samsung Memperkenalkan ‘BESPOKE AI’ dengan Perangkat Terkini dan Konektivitas AI

(Dutabalinews.com), Samsung Electronics Co, Ltd hari ini menampilkan jajaran perangkat rumah tangga terbarunya pada konferensi pers yang diadakan dalam acara peluncuran global, ‘Welcome to ‘BESPOKE AI’, yang berlangsung di tiga lokasi – Seoul, Paris, dan New York City. Samsung mengungkapkan visinya tentang bagaimana konektivitas pada produk-produk tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih baik di rumah dan bagaimana AI dapat membantu mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik.

Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience (DX) Division, Samsung Electronics, memulai rangkaian kegiatan dengan membuka acara ‘Welcome to BESPOKE AI’ dengan menjelaskan bagaimana perangkat rumah tangga Samsung tidak hanya mampu melakukan tugas-tugas yang biasa dilakukan, namun dengan penerapan AI, produk-produk tersebut dapat melakukan lebih dari yang dibayangkan sebelumnya. Terutama dengan penambahan layar pada kulkas, induction range, dan mesin cuci, membuat perangkat Bespoke dapat menjadi sarana hiburan serta pusat kontrol perangkat Samsung lainnya yang mudah diakses dan terhubung melalui SmartThings.

“Sejak pertama kali memperkenalkan BESPOKE pada tahun 2019, Samsung Electronics telah memperlihatkan kepada pasar bagaimana perangkat elektronik dapat dipersonalisasi sesuai dengan rumah dan gaya hidup setiap pengguna,” kata JH Han. “Lima tahun kemudian, hari ini kami membagikan visi AI untuk perangkat elektronik pada lebih banyak produk Bespoke melalui konektivitas dan kemampuan AI yang lebih canggih, untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.”

Sinkronisasi Perangkat Bespoke AI untuk Menciptakan Pengalaman Baru di Berbagai Ruangan Rumah

Dengan built-in Wi-Fi, kamera internal, chip AI, dan kompatibilitas pada aplikasi SmartThings, perangkat Bespoke AI terbaru dari Samsung hadir dengan fitur dan konektivitas yang telah disempurnakan untuk memberikan fondasi bagi smart home yang sesungguhnya. Selain menambahkan AI Home baru dan layar LCD 7 inci yang terhubung ke beberapa produk, untuk memberikan akses dan kontrol yang intuitif dan mudah atas seluruh ekosistem yang terintegrasi.

AI Home mencakup fitur 3D Map View yang menampilkan seluruh rumah secara 3D, sehingga pengguna mudah menemukan semua perangkat yang terintegrasi serta mengontrolnya. Saat pengguna sedang memasak di dapur dan merasa suhunya terlalu panas, misalnya, mereka dapat menyalakan AC di ruangan lain melalui AI Home di induction range tanpa meninggalkan panci dan wajan yang sedang dipakai memasak. Saat mencuci pakaian, mereka juga dapat menyalakan robot vacuum cleaner di ruang tamu dari AI Home yang ada di mesin cuci, tanpa harus bolak-balik. Selain itu, pengguna juga dapat menerima panggilan yang masuk ke smartphone mereka melalui AI Home, sehingga mereka dapat langsung menjawab panggilan tersebut sembari melanjutkan pekerjaan rumah tangga yang sedang dikerjakan. AI Home tidak hanya membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah, tetapi juga lebih menyenangkan. Pengguna dapat memutar lagu favorit mereka, menonton video di aplikasi Internet, atau melihat resep melalui layar saat mereka memasak.

Dengan makin banyaknya orang menggunakan smartphone, Mobile Smart Connect merupakan fitur baru yang dapat memberikan peringatan ke smartphone pengguna ketika berada di dekat perangkat yang terdaftar. Notifikasi pop-up meliputi menu quick control untuk menjalankan fungsi utama perangkat secara langsung dari smartphone, sehingga pengguna tidak perlu lagi ke sana kemari mencari remote control di rumah. Hal ini bahkan mempercepat proses akses ke fitur-fitur yang sama di aplikasi SmartThings.

Pada acara BESPOKE AI itu, Samsung juga memamerkan fitur baru ‘Calm Onboarding’, yang memudahkan pengguna menikmati hidup yang serba terhubung di Samsung. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan registrasi produk, karena fitur ini secara langsung mendaftarkan produk yang dibeli dengan akun Samsung di Samsung.com ke aplikasi SmartThings dengan akun yang sama.

Baca Juga :   Yuk Kunjungi Virtual Exhibition! Ada Promo Menarik Motor Honda di Bulan Maret

Untuk memberikan ketenangan bagi pengguna saat mereka memasuki era perangkat rumah tangga yang serba terhubung berkat kemajuan teknologi, Samsung menyoroti platform keamanan Knox yang komprehensif untuk melindungi semua data pengguna yang berada di perangkat yang terhubung. Faktanya, 4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ menjadi produk pertama di industri ini yang diverifikasi ke level ‘Diamond’ untuk kemampuan keamanan IoT-nya oleh UL Solutions, sebuah perusahaan keamanan global terkemuka yang memberikan penilaian pada ratusan klaim pemasaran setiap tahun. Model Family Hub lainnya juga menerapkan teknologi yang sama, dan Bespoke Jet Bot Combo™ AI juga telah meraih verifikasi yang sama.

AI Menghadirkan Lebih Banyak Fitur pada Perangkat Rumah Tangga Samsung

Perbedaan yang paling mencolok di antara ketiga acara tersebut, selain lokasinya, adalah jajaran produk yang diperkenalkan selama konferensi pers masing-masing, yang mencerminkan perangkat yang akan diluncurkan di setiap pasar.

Acara ‘BESPOKE AI’ di Seoul dimulai dengan menampilkan jajaran produk terbesar di antara ketiga tempat itu dengan 14 produk baru termasuk: Bespoke French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™+, Bespoke Infinite Induction Line, Bespoke AI Laundry Combo™, Bespoke Jet Bot Combo™ AI, Bespoke Jet AI™, Bespoke Cube™ Air Infinite Line, kulkas 4-Pintu 2024 terbaru yang dilengkapi dengan teknologi peltier, dan masih banyak lagi.

4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ adalah pusat kendali utama untuk semua yang berhubungan dengan makanan, yang menghubungkan kulkas ke perangkat lain di rumah. AI Family Hub™+, yang merupakan layar LCD besar di panel kanan depan kulkas, merupakan kunci pengalaman AI yang intuitif, di mana pengguna dapat melihat resep yang direkomendasikan serta memutar musik dan video untuk hiburan di dapur. 4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ dilengkapi dengan AI Vision Inside yang menggunakan kamera internal untuk mengidentifikasi 33 bahan makanan segar yang masuk dan keluar dari kulkas. Bahan makanan yang dikenali akan terdaftar dan dikelola di layar Family Hub™ dan juga dapat diperiksa di aplikasi SmartThings.

Produk utama lainnya adalah Bespoke Jet Bot Combo™ AI, robot vacuum cleaner dan pel dengan fitur-fitur yang disempurnakan dengan AI, termasuk AI Recognition yang cerdas. AI Recognition yang cerdas bekerja dengan berbagai cara. AI Object Recognition menggunakan model AI Deep Neural Network (DNN) dan kamera untuk mengenali berbagai objek termasuk manusia, hewan peliharaan, dan benda-benda yang sulit dilihat seperti kabel telepon yang tipis dan permadani atau keset. AI Floor Detect mendeteksi jenis lantai yang akan dibersihkan, dan ketika karpet terdeteksi, robot vacuum cleaner akan memutuskan apakah akan mengangkat kain pelnya atau tidak untuk menghindari kontaminasi karpet dengan kain pel yang basah. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Clean Station Steam+ yang menghadirkan berbagai fitur untuk merawat perangkat secara otomatis, seperti mengosongkan kantong debu, mengisi ulang tangki air, mencuci, dan membersihkan kain pel dengan uap secara intensif. Clean Station Steam+ bahkan menyemprotkan uap bersuhu tinggi ke permukaan kain pel, untuk mengurangi 99,99% bakteri berbahaya.

Karena hemat energi merupakan kriteria penting di Eropa, acara ‘BESPOKE AI’ di Paris juga memperkenalkan kulkas freezer ekstra lebar yang hemat energi dan jajaran mesin cuci. Kulkas freezer ekstra lebar telah menerima grade “A” menurut standar energi Eropa berkat AI Inverter Compressor dari Samsung. Jajaran mesin cuci terbaru meliputi berbagai model mulai dari A-10%, A-20% dan bahkan model A-40% yang ekstra hemat energi. Khususnya, model A-40% yang ekstra hemat energi dilengkapi dengan Bubble Shot Technology, yang menghemat air dan waktu siklus dengan memompa air di dalam drum dan menyemprotkannya ke atas pakaian.

Baca Juga :   Gubernur Koster-Christian Dior Tandatangani Kerjasama Promosi Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia untuk Tenun Endek Bali

Bespoke AI Laundry Combo™, yang dipamerkan di Seoul dan NYC, adalah mesin cuci dan pengering All-in-One, yang memberikan manfaat dua perangkat terpisah sekaligus menghemat ruang yang berharga. Mesin ini dilengkapi dengan berbagai fitur AI, seperti mengingat kebutuhan pengguna secara berkala dan musiman serta merekomendasikan siklus pencucian yang optimal. Dengan AI Opti Wash & Dry™, Bespoke AI Laundry Combo™ secara cerdas menyesuaikan kinerja pencucian dan pengeringan untuk setiap muatan dan merasakan berat cucian untuk mengeluarkan jumlah air dan deterjen yang diperlukan. Mesin ini juga mendeteksi kain[21] dan memantau tingkat kekotoran selama proses pencucian. Jika perlu, mesin ini menambahkan lebih banyak deterjen dan memvariasikan waktu pencucian. Kemudian menyesuaikan proses pengeringan agar sesuai dengan berat dan jenis kain cucian pengguna. Setelah menyelesaikan siklus, pengguna dapat memantau berapa banyak energi dan air yang dikonsumsi melalui laporan yang disediakan di aplikasi Smart Things.

Perangkat unik yang hanya dipamerkan di New York di Samsung 837 adalah Bespoke Slide-in Range dengan AI Home. Produk ini adalah induction range multi-fungsi yang juga dilengkapi dengan berbagai faktor menyenangkan. Produk ini dilengkapi dengan Internal Oven Camera yang memungkinkan pengguna melihat bagian dalam oven dari tempat yang jauh, seperti di TV dari ruang tamu, atau bahkan dari luar rumah melalui Smart Things di smartphone mereka. Dengan ini, pengguna bahkan bisa mendapatkan klip video time-lapse singkat yang menampilkan proses memasak yang dapat mereka bagikan di media sosial.

Selain itu, Samsung menampilkan visinya untuk mengimplementasikan generative AI ke perangkat rumah tangga pada tahun ini. Khususnya, Bixby, asisten suara Samsung, akan menjadi kunci dalam hal ini. Generative AI akan memungkinkan Bixby untuk melangkah lebih jauh dari kemampuannya saat ini yang hanya mampu menjalankan satu perintah dalam satu waktu, memahami kalimat yang rumit, dan terlibat dalam percakapan yang natural. Pertama-tama, Bixby akan dapat memahami permintaan yang kompleks seperti “Nyalakan AC ke mode Wind Free, dan informasikan kepada saya bagaimana cuaca hari ini.” Bixby juga dapat menyimpan konteks dari interaksi sebelumnya untuk melanjutkan interaksi, jadi jika pengguna menginstruksikan Bixby untuk mematikan air purifier dan kemudian menambahkan, “Oh, dan TV juga,” Bixby dapat membantu kedua permintaan tersebut. Pengguna juga dapat mengandalkan Bixby untuk memberikan solusi, cukup dengan mengatakan “ruang tamu terasa lembab”, dan bertanya “apa yang harus saya lakukan dengan semua kentang yang saya beli kemarin?” Bixby akan menafsirkan tugas-tugas rumit ini dan merespons secara natural terhadap permintaan pengguna.

Menuju Masa Depan Perangkat Rumah Tangga

Samsung tidak hanya berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman rumah yang lebih baik, tetapi juga berkomitmen untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan efisien. Acara ini sangat berarti karena tidak hanya memperkenalkan jajaran produk dan fitur baru yang akan diluncurkan Samsung, tetapi juga mengumumkan secara global bagaimana semua perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi, termasuk yang sudah dimiliki pelanggan, dapat berubah.

Baca Juga :   ​Trisno Nugroho: Produk Lokal Potensial Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Samsung terus meningkatkan perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi di pasaran dan yang sudah ada di rumah pengguna melalui pembaruan software dan pengembangan SmartThings. Pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru bahkan dengan model lama, dan lebih banyak fitur hemat energi dengan produk yang sudah dibeli. Smart Forward, yang diumumkan untuk pertama kalinya pada acara tersebut, adalah layanan yang menyediakan fitur-fitur terbaru, patch keamanan, dan peningkatan melalui pembaruan software secara berkala. Pengguna akan dapat memeriksa informasi pembaruan yang tersedia dan menerima pemberitahuan dari Aplikasi SmartThings. Hal ini memastikan ketenangan pengguna dan juga berkontribusi dengan mengurangi frekuensi penggantian produk.

SmartThings juga terus berkembang, sehingga pengguna dapat menghemat penggunaan energi mereka setelah membeli produk. Fitur-fitur seperti Optimal Charging, misalnya, ditambahkan agar pengguna dapat merencanakan penggunaan energi secara strategis. SmartThings Energy memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memantau dan mengontrol jumlah energi yang dikonsumsi oleh perangkat Samsung yang terhubung. Samsung juga berencana meluncurkan program Samsung Rewards terbaru dalam waktu dekat, yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan stempel setiap hari jika mereka menghemat sejumlah energi menggunakan mode AI Energy. Stempel yang terkumpul dapat ditukarkan dan digunakan di Samsung.com, toko Samsung Galaxy, dan platform pembelian Samsung lainnya.

Untuk membuat upaya yang lebih berdampak, Samsung memperkenalkan kolaborasi yang dilakukannya untuk mengimplementasikan solusi yang menghasilkan pengurangan penggunaan energi yang nyata, sekaligus membuat hidup lebih nyaman bagi pengguna. Melalui kemitraan dengan British Gas, yang menghubungkan fitur Auto Demand Response di SmartThings Energy dengan PeakSave dari British Gas, Samsung memudahkan pengguna menikmati manfaat ekonomi melalui penghematan energi.

Sebagai pemain penting dalam industri perangkat rumah tangga, Samsung mengungkapkan tujuan untuk memanfaatkan teknologi generasi terbaru untuk tujuan lebih dari sekadar menciptakan produk yang inovatif. Ini adalah tentang menggunakan solusi engineering yang memperpanjang siklus hidup produk, dan mengurangi frekuensi pergantian produk. Beberapa metode yang diperkenalkan dalam konferensi pers meliputi: Hybrid Cooling, yang baru saja menggabungkan komponen termoelektrik ‘Peltier’ berdaya tinggi yang dipasang di samping kompresor untuk menghasilkan efisiensi dan kinerja pendinginan yang lebih baik, dan filter dengan perawatan minimal untuk air purifier tanpa memerlukan pembelian atau penggantian filter.

Keamanan produk juga merupakan faktor penting yang diprioritaskan Samsung, dan Samsung berusaha keras untuk mencapai dan memperluas sertifikasi untuk membuktikan pertanggungjawaban produknya di semua kategori perangkat, termasuk sertifikasi reduce fire risk (RFR) untuk produk baru. Hal ini akan memastikan bahwa perangkat bersertifikasi dirancang untuk secara efektif mencegah insiden kebakaran yang disebabkan oleh produk.

Di akhir acara, Samsung mengungkapkan kolaborasinya dengan Disney dan Pixar “Inside Out 2” (akan tayang di bioskop pada tanggal 14 Juni), untuk mengkomunikasikan fitur-fitur baru Bespoke AI Laundry Combo™. Sebuah video teaser co-branded terbaru yang menampilkan klip Inside Out 2 dan menampilkan bagaimana, dengan mesin cuci baru dan AI Bubble™, Anda dapat menghilangkan emosi yang membuat stres gara-gara cucian.

Berikan Komentar