Dalam Rangka Reakreditasi, Pascasarjana UNR Studi Banding ke Thammasat University Thailand

(Dutabalinews.com),Pascasarjana Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar melaksanakan studi banding ke Thammasat University Thailand dari tanggal 21-25 Juni 2019.

Studi banding melibatkan 6 dosen dan 73 mahasiswa dari dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Magister Ilmu Administrasi (MIA) dan Prodi Magister Ilmu Hukum (MIH).

“Studi banding yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu syarat untuk bisa mengajukan reakreditasi yang sudah disesuaikan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Direktur Pasca Sarjana UNR, Dr. Luh Nila Winarni, SH, MH, Rabu (26/6).

Dikatakan, dua prodi yang dimiliki yakni Prodi MIA dan Prodi MIH semuanya sudah Akreditasi B. Untuk Prodi MIH yang mendapat Akreditasi B tahun 2017 tidak perlu dilakukan Reakreditasi, sebab akreditasinya baru.

“Sementara dari Prodi MIA yang sudah lama mengantongi Akreditasi B perlu dilakukan reakreditasi untuk kembali disegarkan. Apakah nantinya tetap mengantongi Akreditasi B atau meningkat status menjadi Akreditasi A yang disesuaikan dengan standar mutu pendidikannya,” ucapnya.

Dijelaskan, studi banding yang dilaksanakan Pascasarjana UNR memang menjadi salah satu syarat reakreditasi untuk prodi, namun dari hasil kunjungan studi bandung tersebut justru banyak ilmu yang bisa didapat oleh para mahasiswa. Yakni lebih mengenal sejarah peradaban budaya Thailand baik tentang sistem pemerintahan yang masih menggunakan sistem kerajaan maupun tentang destinasi wisatanya.

“Selain itu, Thailand sendiri dalam
kepedulian terhadap lingkungan juga benar-benar terjaga, sebab di sana yang
namanya sampah plastik sama sekali tidak ada lagi. Pokoknya di Thailand itu bebas sampah plastik,” jelasnya.

Pada studi banding tersebut juga dilaksanakan kuliah umum bersama narasumber dari Thammasat University Prof. Dr. Amphorn Tamronglak dengan mengangkat tema “Administrative Reform in Thailand”. (sus)

Baca Juga :   Kepala SMK PGRI 3 Denpasar: Tingkatkan Daya Saing, Penting Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar