Pangkalan TNI AL Ternate Bantu Pencarian Korban Hilang Saat Berkebun

(Dutabalinews.com),Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate membantu Kantor SAR Ternate dalam mengevakuasi korban hilang saat berkebun di Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, Kamis (4/7/2019).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto S.E.,M.H. menyampaikan Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate selalu bersinergi dengan berbagai instansi samping seperti yang saat ini dilaksanakan Lanal Ternate dengan ikut serta membantu Kantor SAR Ternate mengevakuasi korban hilang saat berkebun yang ditemukan oleh tim SAR di perairan pulau Maitara.

Korban atas nama Samsudin umur 51 tahun warga kelurahan Tongole Kecamatan Ternate tengah itu dilaporkan hilang pada Selasa, 2 Juli 2019 saat pergi berkebun bersama cucunya sehingga pihak keluarga korban melaporkan ke Kantor SAR Ternate untuk dilaksanakan pencaharian.

Pada hari Rabu, Tim SAR Gabungan dibantu masyarakat melaksanakan penyisiran di sepanjang aliran sungai yang berdekatan dengan kebun korban karena diduga korban terseret arus air sungai yang terjadi pada saat hujan deras mengguyur wilayah kota Ternate.

Tim SAR gabungan melaksanakan pencaharian dari hulu sampai hilir sungai yang berakhir ke laut di sekitar Tabona dengan melaksanakan penyelaman.

Namun pencarian hari pertama tidak membuahkan hasil karena arus bawah air laut sangat kencang. Pada Kamis, 4 Juli 2019 Tim SAR gabungan kembali berencana melaksanakan pencarian dengan penyelaman di perairan sekitar mulut sungai dari tempat kejadian korban hilang. Pangkalan TNI AL Ternate mengirimkan 3 penyelamnya yakni Serka Anan,
Serka Nasrun dan
Koptu Niko.

Namun belum sempat turun untuk melaksanakan pencarian bawah laut, Tim SAR mendapat informasi bahwa ada korban yang mengapung di sekitar perairan Pulau Maitara yang ternyata adalah Samsudin, korban yang hilang saat berkebun. Kemudian oleh Tim SAR gabungan dilaksanakan evakuasi dengan menggunakan RIB dari Basarnas Kota Ternate dan jenazah diturunkan di pelabuhan Semut Mangga Dua selanjutnya dibawa menuju rumah duka di Kelurahan Tongole.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Lanal bertujuan membantu Kantor SAR Ternate dalam setiap ada kejadian atau bencana sebagai bentuk kontribusi dan sinergitas Lanal Ternate dengan Pemda maupun instansi samping untuk membantu masyarakat Maluku Utara. (udi)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar