Politik

Kapolresta Imbau Masyarakat Waspada Bencana, Personel Polresta Siap Bantu Warga Terdampak

(Dutabalinews.com),Masalah bencana alam saat ini sudah menjadi topik yang sangat ramai di era modern, karena berbagai macam bencana alam tersebut datang tanpa disadari dan sulit terdeteksi.

“Mencermati hal tersebut, kita selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memerlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian,” ucap Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan, S.IK.,SH.,MH. saat memimpin apel kesiapan siaga penanggulangan Bencana Alam Terpadu wilayah Denpasar, Kuta dan Kuta Selatan, di halaman mako Polresta Denpasar, Sabtu (4/1/2020) pagi.

Apel siaga bencana alam ini dihadiri instansi terkait tanggap bencana seperti Kodim 1611 Badung, Basarnas Kabupaten Badung, BPBD, BMKG, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehata serta Damkar kota Denpasar dan Badung.

Tujuan apel penanggulangan bencana alam digelar untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam yang ada di Bali, baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik dan lainnya.

Selain itu, Polri juga bertugas melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

“Bencana alam tidak bisa dicegah sehingga kita sebagai petugas sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana dan all out serta bersinergi dengan BNPB, BPBD, TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut,” Kata Kombes Ruddi Setiawan.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Denpasar bersama undangan dan pejabat utama juga memeriksa pasukan dan alutsista penanganan bencana yang dimiliki Polresta Denpasar seperti perahu untuk patroli banjir dan alat pemotong pohon. “Kita lihat saja situasi terkini cuaca maupun kondisi alam saat ini sangat susah diprediksi oleh semua orang,” tutup Ruddi. (bro)

Berikan Komentar