Di Tengah Covid-29, Pak Oles: Pengusaha Perlu Mencari Inovasi yang Efektif

(Dutabalinews.com),Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr. menegaskan, dalam melanjutkan usaha skala besar maupun kecil di masa pandemi Covid-19 sangat rentan terhadap kegagalan.

“Oleh sebab itu jangan menganggap enteng setiap permasalahan yang dihadapi. Pengusaha harus waspada dan selalu mendorong hasil usaha untuk hal-hal di luar perkiraan. Pengusaha juga disiplin mencadangkan dana dengan bijak,” kata sosok enerjik yang akrab disapa Pak Oles di Denpasar, Sabtu (1/8).

Ia menegaskan pengusaha dan semua pihak dalam menghadapi pandemi Covid-19 harus tetap mengutamakan hidup sehat, melakukan hal-hal yang perlu dan penting, yang mampu memberikan manfaat. Di samping lebih memperhatikan pos-pos biaya yang tidak efisien. “Artinya, biaya-biaya yang besar diperkecil dengan pertimbangan memangkas biaya yang tidak perlu dan menghilangkan biaya-biaya kecil,” ujarnya.

Pak Oles yang merintis usaha dari nol dan kini menjadi perusahaan berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali mengingatkan, pengusaha di masa pandemi Covid-19 untuk mengurangi atau mengganti pembiayaan sehingga lebih hemat.

Baca Juga :   Pak Oles: Pertanian Organik Terbukti Berikan Hasil Maksimal

Pembiayaan itu menyangkut berbagai hal seperti biaya listrik, transportasi, komunikasi, sewa gedung, hotel, biaya rapat, makan dan kegiatan ritual (upacara). Demikian pula melakukan evaluasi biaya iklan atau pencitraan yang kurang mengena, memangkas biaya, dan mengganti biaya yang lebih efisien.

“Pengusaha juga dituntut lebih kreatif, informatif mencari strategi atau metode pemasaran, produksi dan inovasi yang efektif, efisien, tepat sasaran. Jumlah orang bekerja efisien dan jam kerja dimanfaatkan secara baik sehingga memperoleh hasil yang maksimal,” ujar Pak Oles.(ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar