Penyerapan Aspirasi Dr. Mangku Pastika: BUMDes Diharapkan Mampu Gerakkan Ekonomi Desa

(Dutabalinews.com),Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu menggerakkan perekonomian pedesaan.
Untuk itu, kehadiran BUMDes PT Mitra Gianyar Aman menjadi harapan baru untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi desa.

“Holding ini hendaknya mampu mengurangi ego sektoral dan mengatur lalu lintas perdagangan sehingga BUMDes lebih cepat maju, ” ungkap Anggota DPD RI dapil Bali Dr. Made Mangku Pastika,M.M. saat vidcon penyerapan aspirasi di Gianyar, Minggu (2/8) yang dipandu tim ahli Nyoman Baskara, Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja.

Untuk itu dibutuhkan peran swasta dan ahli ekonomi ikut memberikan pendamping dan pembinaan dalam mengurangi kerugian.
“Ibarat masuk hutan belantara, perlu pemandu yang memberikan keterangan jalan yang dilalui maupun sumber daya yang bisa dimanfaatkan maupun ancaman yang mungkin terjadi,” jelas Gubernur Bali periode 2008-2018 ini.

Mangku Pastika menjelaskan pada masa menjabat sebagai Gubernur Bali, pihaknya memberikan suntikan dana melalui Jamkrida Bali Mandara (JBM). Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi terhadap gagasan pembentukan Holding BUMDes. Meskipun diakui menciptakan wirausaha tidak mudah, sebab membutuhkan kerja keras dalam membangun jiwa wirausaha.

Baca Juga :   Reses Dr. Mangku Pastika: Produksi Pertanian Harus Diikuti Distribusi, Transaksi dan Promosi

I Gusti Ngurah Raka Sumarjana

Sementara itu, Komisaris Holding BUMDes PT Mitra Gianyar Aman I Gusti Ngurah Raka Sumarjana mengaku pembentukan holding untuk menyatukan dan memperkuat BUMDes di Bali. Sedangkan BUMDes pertama yang merespon gagasan tersebut yakni BUMDes Dirgayusa Desa Kemenuh Gianyar.

Untuk itu, Holding BUMDes ini mulai dari Gianyar yang nantinya menjangkau seluruh Bali. Meksipun tidak mudah dalam prosesnya, namun usaha dan kerja keras demi kesejahteraan masyarakat desa terus akan dikobarkan.

Holding juga masih melakukan pemetaan dan pendataan terhadap potensi dan kebutuhan masing – masing BUMDes. Pada kesempatan itu, diharapkan ada bantuan dukungan sarana maupun gedung yang mendukung operasional.

Saat ini holding sudah mampu menyediakan bahan-bahan pokok kebutuhan rumah tangga tanpa membunuh pedagang-pedagang yang ada. Untuk barang yang dijual yang belum mampu diproduksi oleh anggota, pihaknya masih kerja sama dengan perusahaan termasuk BUMDes Nusantara untuk Bali. (art)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar