DPD Hanura Bali Bangga, Oesman Sapta Odang Raih Bintang Mahaputera Utama dari Presiden

ATAS jasanya terhadap negeri, Oesman Sapta Odang menerima langsung tanda jasa Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Joko Widodo”.

(Dutabalinews.com),Kiprah Oesman Sapta Odang (OSO) dalam perjalanan Republik Indonesia yang pada Senin (17/8/2020) berusia 75 tahun, mendapat apresiasi penghargaan dari Pemerintah Republk Indonesia.

Ketua Umum Partai Hanura ini menerima penghargaan berupa tanda jasa Bintang Mahaputera Utama yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (13/8/2020).

Penghargaan tanda jasa kehormatan yang diberikan dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI ini sebelumnya merupakan hasil persetujuan sidang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (Dewan GTK) periode Agustus 2020.

Selain OSO, sebanyak 52 tokoh juga menerima bintang tanda jasa, namun khusus bintang Mahaputera Utama hanya ada dua orang saja, yakni, OSO dan mantan Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali.

Pemberian penghargaan dimulai dengan membacakan keputusan presiden yang dibacakan oleh Tim Pemberian Tanda Jasa yang juga Sekretaris Militer Mayjen TNI Suharyanto.

Baca Juga :   Cegah Corona, Pengadilan Negeri Denpasar Tunda Sidang Dua Pekan

“Oesman Sapta Odang Ketua Dewan Perwakilan Daerah 2017-2019 tanda kehormatan bintang Mahaputera Utama dan Muhammad Hatta Ali, Ketua MA 2012-2020, dianugerahi tanda kehormatan bintang Mahaputera Utama,” kata Suharyanto membacakan keputusan presiden dalam seremoni menerapkan protocol kesehatan tersebut.

Selain menjadi Ketua Umum Hanura dan mantan Ketua DPD RI, OSO juga pernah mengemban Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Ketua Umum Asosiasi Koperasi Kelapa Indonesia, Ketua Umum Pengurus Pusat KKI, Ketua Umum Partai Persatuan Daerah, Wakil Ketua MPR RI periode 1999-2004, Ketua Kadin Daerah Provinsi Kalimantan Barat, hingga Komisaris Lion Air

Tanda jasa yang diterima oleh OSO itu pun mendapat apresiasi dari DPD Partai Hanura Bali. “Kiprah Pak OSO dalam kemerdekaan republik ini memang luar biasa. Bukan hanya di bidang politik di mana belia pernah menjadi Ketua DPD RI, namun kiprah di dunia usaha juga berperan besar menggerakkan perekonomian nasional,” puji Kadek Arimbawa SH, Ketua DPD Hanura Bali, Jumat (14/8/2020).

Arimbawa yang juga anggota DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2019 menyatakan bahwa OSO yang dikenalnya tidak sebentar, merupakan sosok tulus untuk turut membesarkan bangsa dalam bidang-bidang yang digelutinya. “Saya kira bintang Mahaputera Utama sangat tepat untuk Pak OSO,” tambah Arimbawa.

Baca Juga :   Percepat Pembangunan, Dhamantra: Bali Harus Perjuangkan Desentralisasi Fiskal

Adapun tanda jasa Medali Kepeloporan dan Tanda Kehormatan tahun ini terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Penegak Demokrasi. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 51, 52, dan 53/TK/TH 2020 tanggal 22 Juni 2020 dan Nomor 79, 80, dan 81/TK/TH 2020 tanggal 12 Agustus 2020.(ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar