Pangdam Udayana Ikuti Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi RI

(Dutabalinews.com),Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengikuti serangkaian kegiatan Upacara Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 baik yang digelar di Provinsi Bali maupun yang dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta.

Demikian disampaikan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., saat turut hadir dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-75 Kemerdekaan RI, pada Senin (17/8/2020) yang digelar Kodam IX/Udayana secara virtual di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Serangkaian Upacara Peringatan HUT ke-75 RI yang dilaksanakan di Provinsi Bali telah diawali pada Minggu malam pukul 24.00 Wita dilaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) Peringatan Kemerdekaan ke-75 RI, bertempat di TMP Pancaka Tirta Tabanan yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si.

Upacara AKRS yang berlangsung dengan khidmat tersebut bertujuan untuk mendoakan semoga arwah para Pahlawan Kusuma Bangsa ditempatkan yang sebaik-baiknya dan diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga, untuk mengenang arwah dan jasa para Pahlawan yang telah berjuang dan gugur di medan pertempuran untuk merebut kemerdekaan Indonesia pada 75 tahun silam.

Baca Juga :   Penyebaran Covid-19 Makin Mencemaskan, Bali Perlu Pikirkan Penerapan PSBB

Selanjutnya pada Senin (17/8) pukul 07.45 Wita di Halaman Kantor Gubernur Bali, Jln. Basuki Rahmat, Denpasar, yang digelar Pemprov. Bali dipimpin langsung oleh Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M., dan dihadiri Pangdam IX/Udayana bersama Forkopimda lainnya dan tamu undangan dilaksanakan Upacara Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, jelas Kapendam.

Untuk kegiatan Upacara Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin langsung Presiden RI, Pangdam IX/Udayana bersama Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy dan Kapendam IX/Udy mengikuti upacara tersebut secara virtual bertempat di Makodam IX/Udayana. Demikian juga halnya pada saat Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan pada pukul 18.00 Wita di gelar secara virtual.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumya dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini yaitu dilaksanakan penghentian aktivitas dan berdiri tegak selama tiga menit pada pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat. Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi ini sesuai dengan Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 492/M. Sesneg/Set/TU. 00.04/ 07/ 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, tutup Kapendam. (pen)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar