BI Bali Dijatah Sejuta Lembar UPK 75

(Dutabalinews.com),Bank Indonesia Provinsi Bali menyiapkan layanan “drive thru” untuk memperlancar penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK 75). Upaya tersebut guna memitigasi risiko penyebaran Covid-19.

“BI Bali dapat jatah sekitar satu juta UPK. Tahap awal ini hingga September, BI dalam satu hari melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebanyak 150 lembar. Selanjutnya mulai Oktober layanan juga akan melibatkan sejumlah perbankan,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat acara taklimat “Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia”, Selasa (18/8).

Pada acara bertajuk “Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebhinnekaan dan Menyongsong Masa Depan Gemilang” tersebut tampil selaku narasumber Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Marlison Hakim.

Trisno mengatakan pengedaran Uang Rupiah Kemerdekaan 75 Tahun RI untuk masyarakat umum di dimulai sejak 18 Agustus 2020. Karena jumlahnya terbatas, yang bisa memperoleh yang ini hanya Warga Negara Indonesia dengan menunjukkan KTP yang bersangkutan. “Kalau tak bisa langsung wajib menunjukkan surat kuasa,” jelasnya.

Dikatakan Trisno, UPK ini untuk seluruh Indonesia dicetak sebanyak 75 juta lembar dan Bali sendiri mendapatkan jatah sekitar satu juta lembar (bilyet).

Rosmaya Hadi

Trisno menambahkan, untuk memanfaatkan layanan penukaran “drive thru”, sebelumnya masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyampaikan dalam perjalanan sejarah, Bank Indonesia telah mengeluarkan Uang Peringatan HUT Kemerdekaan RI sebanyak 4 kali, yaitu pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-25 Tahun 1970, Ke-45 pada tahun 1990, Ke-50 pada tahun 1995 dan UPK 75 tahun RI yang dikeluarkan tahun 2020, merupakan yang keempat. “Persiapan UPK 75 ini juga sudah dilakukan sejak tahun 2018 melibatkan berbagai pihak yang terkait,” jelasnya.

Kegiatan penukaran UPK 75 di KPwBI Prov. Bali pada Selasa (18/8) secara drive thru untuk menghindari kerumunan masyarakat dan menjalankan protokol pencegahan Covid-19. UPK yang telah ditukar sebanyak 142 lembar, sisa 8 lembar karena tidak hadir dan kesalahan dalam penginputan oleh penukar. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar