Bokashi Farm Sepang Kembangkan Merica dan Gempur Batu

(Dutabalinews.com), Udara sekitar Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, itu terasa sejuk, segar dan cukup menusuk kulit. Di sekitarnya, terhampar banyak pepohonan, kebun kopi dan cengkeh.

Daerah pesisir utara utara Pulau Bali memiliki hamparan kebun kopi dan cengkeh yang luas. Kebun milik Ketut Sudana sekitar 5 hektar, sedikit berjarak dari villa tempat nginap. Satu di antara 5 hektar itu siap dikembangkan menjadi kebun Merica. Sekitar 1000 pohon jumlahnya. Lokasi tersebut diberi nama Bokashi Farm Sepang, karena sudah akrab dengan Bokashi, salah satu pupuk pabrikan PT Songgo Langit Persada (PT SLP) dengan owner Gede Ngurah Wididana.

“Bibit merica didatangkan dari pusat pengembangan merica Bandar Lampung. Selain itu, pembibitan juga dilakukan secara mandiri dengan melibatkan petani agar memberdayakan bibit lokal di Bokashi Farm Sepang dan Bokashi Farm Jl. Waribang, Denpasar,” kata Direktur PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede ngurah Wididana, M.Agr di Denpasar, Rabu lalu.

Ia mengatakan, merica jenis panjat dan perdu itu mengandung khasiat untuk pengobatan dikembangkan secara intensif dengan harapan dalam waktu 1,8 bulan atau 1,5 tahun sudah bisa dipanen. Pihaknya juga sedang melakukan penelitian untuk memproduksi teh herbal dari bahan baku merica yang kaya akan khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga :   Pemkot Denpasar Terima Bantuan CSR 1 Unit Bus Sekolah Dari Agung Toyota

Merica (rempah-rempah) selain dikenal sebagai bumbu masak yang sangat disenangi para ibu-ibu karena mampu memberikan cita rasa terhadap masakan, juga mengandung banyak khasiat obat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi tertinggi pada merica adalah vitamin K, vitamin A, vitamin E dan vitamin C. vitamin B, seperti niacin, pyridoksin dan riboflavin, serta beberapa folat dan kolin. Merica juga mengandung serat, karbohidrat dan protein, namun sangat rendah kolesterol dan kadar gula.

Merica bisa bantu menurunkan berat badan, mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan capsaicin, yang merupakan senyawa yang membuat rasa pedas seperti pada cabai. Rasa pedas saat makan merica dapat membakar lemak. Radang sendi Capsaicin juga berkhasiat sebagai zat anti-inflamasi, yang bantu meringankan kondisi peradangan seperti pembengkakan dan rasa sakit pada penderita arthritis. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar