Taklimat Akhir Tim Wasrik Current Audit Itjenad Serahkan Hasil Pemeriksaan Kepada Pangdam Udayana

(Dutabalinews.com),Pengawasan adalah satu bagian penting dari sistem manajemen suatu organisasi. Pengawasan dan pengendalian ini merupakan salah satu titik lemah bagi satuan, maka Komando Atas mengirim Tim dari Itjenad untuk juga membantu mengawasi bagaimana kinerja dan perbendaharaan di satuan-satuan termasuk di Kodam IX/Udayana.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara pada acara taklimat akhir Pengawasan dan Pemeriksaan Current Audit Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat TA 2020 di Wilayah Kodam IX/Udayana, pada Senin (28/9) di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana.

“Kita patut bersyukur karena pola pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Itjenad tidak hanya pemeriksaan pada akhir (Post Audit) tetapi juga Current Audit yang pada kesempatan kali ini sudah dilaksanakan selama 14 hari di Satuan-satuan Jajaran Kodam IX/Udayana oleh Tim Audit yang dipimpin oleh Brigjen TNI Heri Kuswanto, S.I.P., selaku Ketua Tim Wasrik Current Audit Itjenad,” jelasnya.

Pangdam merasa bersyukur atas Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Tim Current Audit Itjenad yang sudah memberikan bimbingan dan solusi terhadap temuan-temuan yang ada. Dimana hasil dari diskusi, dialog dan konsultasi terhadap temuan-temuan tersebut harus segera ditindaklanjuti.

Baca Juga :   Pangdam Udayana Bersama Forkopimda Bali Ikuti Upacara HUT Ke-75 TNI secara Virtual

Oleh karena itu, atas nama Jajaran Kodam IX/Udayana menyampaikan terimakasih kepada Irjenad yang dalam hal ini diwakili oleh Irum Itjenad Brigjen TNI Darmono Susastro, S.I.P., bersama Tim Wasrik Current Audit Itjenad yang telah membantu untuk bisa memperbaiki.

Selanjutnya kepedulian para Asisten, Dansat dan Kabalak untuk mau kembali pada fungsi pengawasan. Setelah Tim Wasrik Itjenad kembali diharapkan para Asisten, Dansat dan Kabalak untuk segera mengadakan rapat untuk menindaklanjuti temuan tersebut dimasing-masing bagian/instansinya serta dilaporkan hasilnya kepada Irdam IX/Udayana secara tertulis disertai bukti-bukti pendukungnya, tegas Pangdam.

Pada kesempatan tersebut Irum Itjenad Brigjen TNI Darmono Susastro, S.I.P., yang mewakili Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., pada intinya menyampaikan bahwa Inspektur adalah kepanjangan tangan dari Kasad di bidang pengawasan. Dimana tugas pokoknya membantu Kasad melaksanakan pengawasan di bidang kinerja, perbendaharaan maupun umum untuk mencapai keberhasilan tugas pokok Kasad.

Terkait kegiatan Current Audit adalah sifatnya Consulting dimana setiap temuan dibuat dokumennya dan masalah yang ada diperbaiki, kemudian diberikan contoh sampai dengan diawasi perbaikannya serta file lama dihapus. Harapannya adalah pada Tahun 2020 ini saat dilaksanakan Post Audit tidak ada masalah.

Baca Juga :   Covid-19 di Bali: Lagi Bertambah 12 Kasus Positif

Dalam acara taklimat akhir Wasrik Current Audit Itjenad Tahun 2020 juga dilaksanakan penyerahan hasil pemeriksaan dari Irum Itjenad kepada Pangdam IX/Udy yang dihadiri Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy (diwakili), Ketua Tim Wasrik Current Audit Itjenad, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Danrem 161/WS (diwakili), Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy dan para Dan/Kabalakdam IX/Udy. (pen)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar