Wastafel Otomatis “Patriot Bersih” Solusi Terapkan Prokes dengan Aman di Saat Covid-19

(Dutabalinews.com),Mengingat, kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga saat ini masih terjadi, prokes ini menjadi penting, salah satunya yakni upaya mencuci tangan dengan air mengalir.

Terkait hal itu, saat ini di sejumlah tempat umum sudah banyak ditempatkan wastafel untuk tempat mencuci tangan. Namun, selama ini, banyak wastafel dioperasikan secara manual, bahkan ada yang menggunakan pedal injakan kaki dan dengan menggunakan bahan metal.

Seperti diketahui, wastafel dengan bahan metal, kalau diletakkan di area terbuka, tentu daya tahanya tidak akan lama. Tak hanya itu, dari informasi, droplet yang menempel di metal, diyakini akan lebih lama menempel. Untuk itu, wastafel dengan bahan fiberglass, diyakini lebih aman. Bahkan apabila ditempatkan di area terbuka, wastafel berbahan fiberglass ini memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan metal.

Atas dasar itulah, Muliadi Sukito, selaku inisiator Wastafel portabel otomatis berbahan fiberglass, membuat produk wastafel dengan nama Patriot Bersih. Diberi nama Patriot Bersih, karena kebersihan juga bisa menjadi salah satu pahlawan.

Untuk mengoperasikan Wastafel ini lanjut dia, tanpa sentuhan langsung dengan tangan, alias otomatis. Dengan sitem otomatis yang diterapkan, pihaknya meyakini, ini akan aman untuk penerapan prokes, karena tidak ada sentuhan langsung dengan tangan. Selain itu, wastafel portabel otomatis ini, juga sudah menggunakan tabung pembuangan air kotor.

Baca Juga :   EM4 Pak Oles Penuhi Pasar Indonesia

“Banyak wastafel di tempat umum yang masih menggunakan tong, yang mana air bekas cuciannya dibuang begitu saja. Untuk itu kami membuat wastafel yang tempat air bersih dan air kotor terpisah, dalam tabung tertutup,” katanya, Senin (28/9).

Bahan utamanya pembuatan wastafel ini kata Muliadi, 100 persen dari fiberglass yang daya tahannya bisa dikatakan ‘kita belanja sekali, pakai selamanya’. Bahan fiberglass ini kata dia, biasanya banyak dipakai untuk membuat perabot kursi maupun speed boat. Untuk speed boat sendiri apabila digunakan di laut, bisa tahan sampai 40 tahun. Sedangkan, untuk tong wastafel produk Patriot Bersih ini diyakini bisa awet selamanya. “Ini tidak akan rugi kalau beli wastafel dengan bahan fiberglas ini,” yakinnya.

Dijelaskan Muliadi, wastafel portabel ini kini siap dipasarkan. Bagi yang membutuhkan bisa menghubungi 081236026668. Ada tiga tipe yang ditawarkan, pertama tong segi empat, ukuran dewasa dengan kapasitas air bersih 80 liter dan tabung air kotor 90 liter dengan harga Rp 5.550.000. Tipe kedua tong segi empat untuk ukuran anak-anak, dengan kapasitas air bersih 45 liter air, kotor 50 liter dengan harga Rp 5.050.000. Sementara, untuk tipe ketiga model bulat, dengan kapasitas air bersih 50 liter dan air kotor 55 liter, dijual dengan harga Rp. 4.450.000.

Baca Juga :   10 Daerah Tujuan Wisata di Buleleng Gunakan Tiket Elektronik

Wastafel ini lanjut Muliadi, bisa digunakan dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Bahkan, wastafel portabel otomatis ini, bisa digunakan di segala medan atau segala cuaca. Untuk menghemat penggunaan batre, kedepan pihaknya akan memproduksi wastafel otomatis dengan menggunakan solar cell. “Keunggulan wastafel otomatis ini, praktis, bisa dibawa kemana-mana dengan berat tong dalam keadaan kosong, untuk yang bulat seberat 15 kg, untuk kotak dewasa 18 kg, kotak anak-anak 16 kg,” terangnya.(ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar