Pariwisata & Budaya

Hari Ini, Denfest ke-13: Hadirkan 189 Mata Acara, Jadi Festival Daring Terbesar dan Terpanjang di Indonesia

(Dutabalinews.com),Gelaran Denpasar Festival (Denfest) kali ini memasuki pelaksanaan ke-13 di tahun 2020 ini. Setalah melaksanakan persiapan di segala bidang, pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) ke-13 Tahun 2020 secara resmi akan dibuka pada Jumat (2/10) hari ini. Sajian garapan Inagurasi pun dikemas apik dengan judul Siwa Nataraja sebagai pembukaan. Hanya saja, hiruk pikuknya akan tidak terasa, mengingat pelaksanaan Denfest kali ini digelar dalam jaringan (daring) untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 di Kota Denpasar.

Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu ‘Lengkong’ Yuliarta saat diwawancarai disela Gladi Pembukaan Denfest Kamis (1/10) kemarin menjelaskan bahwa Denfest tahun ini memang dikemas berbeda. Dimana, event tahunan yang ikonik ini akan digelar selama tiga bulan penuh. Terdapat sedikitnya 189 mata acara dengan melibatkan 407 komunitas kreatif Kota Denpasar. Selain itu, pelaksanaan festival secara daring juga sebagai upaya untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, dalam hal pemulihan ekonomi

“Mungkin dapat dikatakan sebagai event atau festival daring terbesar dan terpanjang di Indonesia, ada 189 mata acara dengan menggandeng 407 komunitas kreatif,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, kendati merupakan sebuah festival, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi yang utama. Sehingga pelaksanaan pembukaan dihadiri undangan secara terbatas, undangan lainya dapat menyaksikan jalanya pembukaan secara daring di platform http://denfest.kreativi.id/ pada pukul 18.00 Wita.

Adapun morfologi pelaksanaan Denpasar Festival ke-13 Tahun 2020 ini terdiri atas OPD Pemerintah Kota, Institusi Pendidikan, Budayawan & Antropolog, Kelompok Budaya & Seni, Pelaku Umkm Perdagangan, Pengembang Disain & Kreatif dan Organisasi Sosial Masyarkat. Inilah nantinya kita sebut pola Gotong Royong membangkitkan pereknomian masyarakat.

Denfest kali ini turut menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Food Festival, Craft, Fashion dan Exhibition, Virtual Fashion Show, Film Mebarung, Kompetisi Kreatif Piala Walikota, Visualisasi Puisi, Drama Satu Babak, Lomba Esai Foto Denfest 2020, Lomba Sketsa Denfest 2020, Lomba Ogoh-ogoh Virtual, Mendongeng, Late Art Competition, Music Battle, Workshop Fotografi, Workshop Keramik dan Workshop F & B.

Selain itu, beragam hiburan dari tradisi, modern dan kontemporer juga akan hadir dalam pelaksanaan Dentest Tahun 2020 ini. Namun demikian, kembali protokol kesehatan menjadi penglima utama pelaksanaannya. Sehingga masyarakat apat tetap produktif dan aman di masa Covid-19 ini, dan perekonomian dapat kembali tumbuh.

Baca Juga :   Rakornas Bidang Kebudayaan, Gubernur Koster: Budaya Bali Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

“Tentunya kami mengundang dan berharap dukungan seluruh masyarakat untuk menghadiri pembukaan Denfest ke-13 secara virtual serta mensukseskan pelaksanan Denfest Tahun 2020 ini sebagai wadah kreatifitas, akselerasi serta mendukung perputaran perekonomian untuk membangkitkan geliat sektor UMKM di Kota Denpasar, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (hum)

Berikan Komentar