Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali Dikukuhkan, Irjen Golose: Bantu Rakyat Pakai Masker

(Dutabalinews.com),Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose mengatakan yang mendesak dilakukan saat ini adalah upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, khususnya dalam penggunaan masker.

“Jadi tak perlu program muluk-muluk, bantu rakyat pakai masker. Penularan virus ini sekarang juga banyak dari lingkungan keluarga dan kemudian menyebar ke tempat lain,” ujar Golose saat acara pelantikan dan pengukuhan Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Daerah Bali, Rabu (7/10/2020) di Gedung Perkasa Raga Garwita Polda Bali.

Dikatakan selain penegakan disiplin dalam penggunaan masker, ia juga berharap organisasi ini dapat membantu penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan lainnya yaitu jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir.

Dengan peran aktif dari komunitas ini, Kapolda berharap penyebaran Covid-19 di klaster keluarga akan dapat dikendalikan. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih atas terbentuknya organisasi ini. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, karena upaya Polri tak akan membuahkan hasil maksimal tanpa dukungan dari bebagai elemen masyarakat (komunitas). Semakin banyak komunitas, maka semakin banyak yang membantu kami. Untuk itu kami akan mewadahi komunitas ini,” tambahnya.

Baca Juga :   AAN Widiada: Paslon Amerta Janjikan Perubahan Kota Denpasar

Wagub Cok Ace

Sementara itu Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya mengapresiasi terbentuknya Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Daerah Bali.

Cok Ace mengatakan rasa aman merupakan kebutuhan seluruh elemen masyarakat. “Upaya menjaga rasa aman bukan semata tugas aparat keamanan yaitu TNI dan Polri. Kita semua punya kewajiban untuk memastikan situasi tetap kondusif,” ucapnya.

Oleh karena itu, Penglingsir Puri Ubud ini menyambut positif dan sangat bangga dengan terbentuknya Pokdarkamtimbas Bhayangkara Daerah Bali. Ia berharap organisasi ini dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan program kerja, ia berharap organisasi ini senantiasa bersinegi dengan jajaran kepolisian.

Karena pada prinsipnya Pokdarkamtibmas merupakan mitra kerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Saya berharap organisasi ini mampu memberikan pengayoman bagi masyarakat dan dapat membantu tugas TNI/Polri untuk mewujudkan Bali yang aman dan damai,” imbuhnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali Yosep Yulius Diaz menyampaikan program jangka pendek yang diagendakan komunitas ini adalah kampanye penggunaan masker. Melalui organisasi ini, ia beserta jajaran pengurus ingin mengambil peran aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga :   Pangdam Udayana Mayjen Benny Susianto Pindah Tugas ke Mabes

Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Pusat Heru Riyadi menyampaikan bahwa organisasi ini merupakan mitra Polri dan menjadi ujung tombak dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan segala sumber daya yang dimiliki, Pokdarkamtibmas akan berusaha menjadi pelopor dalam masyarakat.

Ketua panitia pelantikan Sudiarta Indrajaya melaporkan pengukuhan dan pelantikan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Daerah Bali ini merupakan provinsi yang ke-17 sejak Pokdar dibentuk pertama kali Februari 2020 Polda Metro Jaya di Jakarta.

Personalia Pokdar Bali ini terdiri dari berbagai komponen masyarakat lintas suku, agama, ras dan golongan yang sudah dikenal aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Prioritas utama dalam gerakan saat pandemi ini adalah bagaimana mengkampanyekan sadar 3M bagi masyarakat Bali yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan. “Yang kedua adalah bersinergi dengan polres membentuk pokdar kamtibmas di kabupaten hingga ke pelosok desa,” ujar Sudiarta yang akrab disapa Sin.(bap)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar