Sosial & Seni

Olah Sampah Pantai dan Bantu Perekonomian, BEDO dan CCAI Gelar FGD Daur Ulang Limbah Pantai

(Dutabalinews.com),Business & Export Development Organization (BEDO) bersama Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Bahan Baku Daur Ulang dari Pantai Bali untuk UMKM” di Veneta Gelateria, Jalan Hang Tuah, Sanur, Selasa (20/10).

Ketua BEDO Dwi Iskandar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan FGD tersebut dihadiri puluhan pengusaha di bidang handicraft, home décor, fashion designer, dan aksesoris serta para UKM yang mengolah bahan baku dari sampah. 

Program untuk para pembersih pantai di Bali ini diawali dengan kegiatan survei kondisi sampah di 5 pantai di Bali yaitu, Kuta, Legian, Seminyak, Kedonganan, dan Jimbaran.

BEDO sebagai yayasan pengembangan usaha kecil mendorong pengusaha untuk turut aktif dalam menjaga kelestarian alam. Hal ini sesuai dengan visi BEDO, yaitu menciptakan pengusaha Indonesia yang sukses, namun bertanggung jawab pada lingkungan dan sosial. 

Melalui FGD ini diharapkan adanya masukan dari para praktisi dan industri tentang karya cipta bernilai ekonomis dan memiliki daya jual cukup tinggi. “Semoga sampah di pantai Bali berkurang dan sampah yang ada kini bisa menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat,” ujar Dwi Iskandar.

Program Manager BEDO Jeff Kristianto menerangkan, peran BEDO sebagai penghubung untuk mempertemukan para pengusaha yang berorientasi ekspor dengan para pelaku pengolahan limbah pantai. Mereka berkolaborasi untuk mengolah limbah sampah yang bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, dan disisi lain menciptakan kondisi pantai agar lebih bersih, indah, dan sehat.

“Hasil FGD ini diharapkan nantinya akan menumbuhkan ide-ide baru dalam pengolahan sampah pantai serta dapat membantu sebagai alternatif perekonomian para pembersih pantai di Bali,” kata Jeff Kristianto.

Corporate Affairs Executive CCAI Made Pranata menjelaskan, melalui program “Bali Beach Clean Up” untuk menjaga kebersihan pantai. Pihaknya senantiasa berusaha mendukung pengembangan masyarakat sekitar melalui berbagai inisiatif seperti, program clean-up, bantuan pendidikan bagi anak-anak berprestasi, penyediaan layanan kesehatan secara cuma-cuma di setiap poliklinik, dukungan penanaman pohon, program pemberdayaan masyarakat lewat program Coca-Cola Forest, serta pengembangan bibit muda sepak bola melalui Coke Kicks.

Baca Juga :   ​Jelang Hari Jadi Ke-74, Polwan Polda Bali Gelar Baksos

Amatil Indonesia juga fokus dalam pemberian bantuan kemanusiaan bagi masyarakat, salah satunya dalam menghadapi pandemi Covid-19, CCAI menyalurkan alat pelindung diri (APD), disinfektan, alat kebutuhan medis lainnya, serta paket produk minuman bagi mereka yang bertugas di garis depan dalam penanganan, pelayanan, dan perawatan Covid-19 di Tanah Air melalui mitra-mitra lainnya.

“Kami memiliki optimisme untuk menjadikan potensi alternatif ini dapat dimanfaatkan dengan lebih baik, tentunya melalui metode-metode pelatihan dan penerapan yang optimal bersama komunitas. Semoga kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi kita bersama,” harap Made Pranata, seraya menuturkan, melalui hasil survei yang dilakukan oleh tim Eco Bali, kondisi sampah saat ini ditengah pandemi Covid-19 mengalami penurunan.

Sehari sebelumnya, Senin (19/10), guna menambahkan skill dan diharapkan dapat menjadi alternatif penghasilan bagi para pembersih pantai di Bali, juga dilakukan pelatihan upcycling, yaitu membuat kain pantai dan syal dengan metode eco-print bersama para pembersih pantai yang dipandu Ani Nurdiana, pengrajin Eco-Print dari Pasuruan.

Ketua Yayasan Kaki Kita Sukasada (YKKS) I Made Aditiasthana, mengapresiasi penyelenggaraan FGD tersebut. Dihadapan para peserta FGD, ia menjelaskan 3 program yang dimilikinya yaitu, perawatan luka kencing manis yang kebanyakan terjadi di kaki hingga harus diamputasi, dan pembuatan kaki palsu dari hasil daur ulang limbah plastik, kayu, dan karet. Serta pemberdayaan kaum disabilitas agar bisa mandiri.

Menyadari biaya pembuatan kaki palsu yang sangat mahal, maka ia berinovaai dengan memanfaatkan limbah plastik untuk diolah menjadi kaki palsu dengan proses rehabilitasi berulang kali. “Sejak 31 Oktober 2019 lalu hingga ssat ini kami telah memproduksi 11 unit kaki palsu,” kata pria yang akrab disapa Adit. (ist)

Berikan Komentar