Ngurah Ambara “Ngaturang Ngayah” di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia

(Dutabalinews.com),Tokoh masyarakat Denpasar Gede Ngurah Ambara Putra asal Kenyeri, Denpasar tangkil ngaturang ngayah dan  bhakti di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Denpasar Utara.

Di Pura tersebut saat ini tengah melaksanakan upacara Pecaruan Rsi Gana, Melaspas lan Mupuk Pedagingan yang merupakan rangkaian Karya Ngenteg Linggih di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka.

Upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Tenten Sukawati, Gianyar dilaksanakan bertepatan dengan Waraspati Pon, Klurut, Kamis (29/10). 

Ngurah Ambara Dimana ikut melakukan prosesi Mendem Pedagingan di Pelinggih Dalem Peed Ring Jaba Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Denpasar Utara seusai ngaturang bhakti atau melaksanakan persembahyangan bersama.


Setelah usai melaksanakan Upacara Mendem Pedagingan, Ngurah Ambara mengatakan Bali dan salah satunya Kota Denpasar yang merupakan destinasi wisata dunia yang mengusung pariwisata budaya bisa tetap mempertahankan nilai-nilai luhur kearifan lokal yang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang. 

 “Karena budaya yang kita miliki merupakan salah satu identitas diri masyarakat Bali, salah satunya masyarakat Kota Denpasar,” terangnya.


Sementara, Manggala Karya, A.A. Kartika menambahkan rangkaian dari upacara di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Denpasar Utara untuk hari ini dilaksanakan Ngenteg Linggih seperti Pemelaspasan, Pecaruan lan Mendem Pedagingan.  Sedangkan puncak upacara piodalan jatuh pada Purnama kelima, Saniscara Kliwon, Klurit, Sabtu (31/10),” tambahnya. (sus)

Baca Juga :   Aliansi Peduli Undisan Bantu Paket Sembako Warga Terdampak Covid-19

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar