Dr. Gayatri Bersama Mahasiswa UNR Rilis 5 Buku Antologi Cerita Pendek

(Dutabalinews.com),Dr.Ida Ayu Made Gayatri.,S.Sn.,M.Si selain sebagai dosen di Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar juga sebagai seorang editor di dalam penulisan buku yang digarap oleh mahasiswa.

“Dari beberapa buku yang diedit semua garapan dari mahasiswa yakni dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Hukum dengan merilis 5 buah buku antologi tentang cerita pendek,” ujarnya, Rabu (3/2) di Denpasar.

Menurutnya, penerbitan buku antologi ini sudah memasuki tahun ke-3. Dimana sejak tahun 2018 telah mengintegrasikan hasil pembelajaran Genre Teks Bahasa Indonesia melalui penulisan cerpen.

“Kemudian pada tahun itu juga baru bisa diproduksi 2 buku antologi, dan sampai akhirnya di bulan November 2020 bisa terbit 5 buku,” ucapnya.

Ia menyampaikan, buku yang diterbitkan semuanya di bawah koordinasi mahasiswa dalam penyempurnaan judul seperti mahasiswa dari Fakultas Ilmu Hukum UNR dengan mengambil 2 judul buku yakni “Pada Purnama Aku Mengadu” dan “Kekasih Angkasa”.

Selanjutnya dari mahasiswa FEB dengan mengambil 3 judul buku yakni “Mentari Dibawah Rinai Hujan”, “Pertempuran Terakhir” dan “Rinduku Masih Bercerita”. Kemudian untuk semua karya yang dihasilkan ini diterbitkan oleh Institute Mahima dan Ber-ISBN.

“Selain itu, dari terbitan 5 buku ini sangat dirasakan  sepenuhnya bisa mendukung kemajuan akreditasi kampus dalam pelaporan Sistem Managemen Pemeringkatan Mahasiwaan (Simkatmawa) yang berlaku secara nasional,” terangnya.

“Sebagai editor buku pada semester ganjil 2020/2021 ini tentu tugas utama adalah bisa menyeleksi dan melakukan pembacaan ratusan naskah secara detail dan melakukan editing, sebab kerja seperti ini bersifat sukarela di luar jam kerja,” imbuhnya.

Gayatri juga menyampaikan mahasiswa yang memiliki talenta dalam bidang grafis juga diberikan workshop cara membuat sampul buku. Karena selama ini seringkali mahasiswa mengira menerbitkan buku sama dengan memfotokopi naskah.

“Saya juga mengajak mahasiswa agar lebih memahami dalam berkaya dan menjelaskan seperti apa proses penerbitan buku tersebut,” katanya.

Ditambahkan, dalam menyikapi Pandemi Covid-19 UNR juga tetap mendorong mahasiswa berkarya dari rumah. Karya ini merupakan partisipasi dan inovasi dalam industri kreatif hasil buah pikiran suci yang bermahadaya.

Baca Juga :   Universitas Dwijendra Perkuat Bahasa Mandarin dengan Guangdong University China

Karena apapun hasil karya yang selama ini dibuat oleh mahasiswa sangat mendapat apresiasi yang luar biasa terutamanya yang langsung bisa mengapresiasikan hal itu adalah dari Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti.,MM.,M.Hum.

Bahkan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr.Ade Maharini Adiandari, S.Sos.,MM.,RFP juga menyatakan buku karya mahasiswa ini adalah awal lahirnya simpul-simpul inovasi karya sastra tanpa batas, pilar keberhasilan bangsa dan kebanggaan bagi almamater.

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Hukum,Dr. IWP. Sucana Aryana.,SE.,SH.,MH juga menyampaikan hal sama yakni buku yang dirilis ini adalah partisipasi, proses kreatif dalam menggeluti teks dan konteks kehidupan sebagai modal dasar ilmu yang memuat nilai-nilai kemanusiaan. (sus)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar