Buku ‘Hukum Investasi di Indonesia’ Ulas Pemahaman Investasi dan Kepastian Hukum

(Dutabalinews.com),Pada era globalisasi dan perdagangan bebas, peranan hukum investasi semakin penting terutama bagi negara-negara yang sedang menuju negara maju seperti Indonesia.

Sehingga kompetisi untuk merebut investasi berada dalam kondisi yang semakin ketat dan kompetitif. Hal ini terutama disebabkan kebutuhan akan modal untuk pembangunan yang besar selalu menjadi masalah utama.

“Buku ini sebenarnya diinspirasikan oleh perkembangan yang sangat cepat di bidang investasi langsung baik domestik ataupun asing di Indonesia. Sebagai pengaruh dari globalisasi dan perkembangan ekonomi dan bisnis di Indonesia dan mengulas bagaimana seluk beluk investasi di Indonesia sampai dengan bagaimana liberalisi asing masuk dalam investasi di Indonesia,” kata Dewa Gede Satriawan, SE, MM, MH, CHCS, ST, CA. saat Live Instagram Launching Buku ‘Hukum dan Investasi di Indonesia’ yang juga Ketua Prameswara Training & Consulting, Sabtu (27/3/2021).

Buku ini juga menelaah secara mendalam dan lugas tentang Ilmu hukum investasi melalui teori, asas atau prinsip hukum dan aturan-aturan hukum serta konvensi/perjanjian internasional yang berkembang telah memberikan landasan yang cukup bagi dasar pengembangan kebijakan hukum investasi di suatu negara termasuk Indonesia.

Walaupun ada berbagai macam teori dari sudut pandang yang berbeda-beda namun semua itu oleh para ahli hukum dimaksudkan sebagai dasar pemahaman untuk dasar pengembangan konsep dalam upaya untuk satu tujuan yaitu mencapai keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Para investor atau calon investor selalu mengutamakan untuk melakukan investasi di Negara yang dapat memberikan kepastian hukum dan kepastian berusaha. “Hukum merupakan faktor yang sangat penting dalam kaitannya dengan perlindungan hukum yang diberikan suatu negara bagi kegiatan investasi atau penanaman modal.

“Melalui sistem hukum dan peraturan hukum yang dapat memberikan perlindungan, akan tercipta kepastian (predictability), keadilan (fairness) dan efisiensi (efficiency) bagi pihak penanaman modal,” tutur Satriawan.

Selanjutnya dalam menghadapi perubahan perekonomian global dan keikutsertaan Indonesia dalam berbagai kerjasama internasional, perlu diciptakan iklim penanaman modal yang kondusif, promotif, memberikan kepastian hukum, keadilan dan efesien dengan tetap memperhatikan kepentingan ekonomi nasional berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Baca Juga :   Made Mariawan: Berinvestasi Emas Lebih  Menguntungkan dan Tahan Terhadap Fluktuasi Inflasi

Buku ini terdiri atas 10 bab. Bab 1 ekonomi dan investasi, Bab 2 mengenal hukum investasi, Bab 3 pengertian dan penggolongan investasi, Bab 4 penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA), Bab 5 bentuk-bentuk usaha dalam investasi di Indonesia yang bukan berbadan hukum, Bab 6 bentuk-bentuk usaha dalam investasi di indonesia yang berbadan hukum, Bab 7 investasi di bidang pariwisata, Bab 8 inkonsistensi peraturan perundang-undangan dalam investasi, Bab 9 ketidakpastian hukum investasi langsung di Indonesia, dan Bab 10 liberalisasi investasi asing di Indonesia dan penyelesaian sengketa investasi internasional.

Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi dan dapat dijadikan bahan masukan kepada para pihak terkait khususnya para investor yang sedang atau bermaksud menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, penulis berharap buku ini dapat bermanfaat dalam memberikan pemahaman tentang Hukum Investasi bagi para praktisi bisnis, praktisi hukum, para akademisi dan para mahasiswa khususnya.

Berkat kerjasama Penulisa dan Penerbit Literasi Nusantara serta didukung oleh Cel KODELN (Connecting Lecturers) kolaborasi lintas negara, PTPI (Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia, PARAMESWARA Training & Consulting dan Koperasi PARAMESWARA PUTRA SEJAHTERA, Buku ini akhirnya bisa di launching pada 27 Maret 2021.

Buku HUKUM INVESTASI DI INDONESIA dapat dipesan kepada penulis dengan menghubungi nomor telpon/WhatsApp 085102714858 dan bisa juga didapatkan di kantor PARAMESWARA Training & Consulting atau Koperasi Parameswara Putra Sejahtera dengan alamat JALAN Tukad Badung XVIIIB, BLOK I Denpasar No telp/WA 081339882475 dengan harga Rp. 175.000,- namun Penulis memberikan diskon 25% sehingga harganya menjadi Rp. 131.250,- saja,” pungkasnya. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar