Kunjungi Koperasi BIN Bali, Kadin Rusia Tertarik Kerja Sama Produk Pertanian

(Dutabalinews.com),Konsul Kehormatan Rusia yang membidangi Kadin Rusia Mr. Anotoly Turdy Kulov mendatangi Sentra Koperasi Bali Idaman Nusantara (BIN) di Jalan Dewi Madri Renon, Minggu (18/4/21).

Kedatangan tamu dari Kadin Rusia tersebut tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengurusnya, Made Sugitha yang juga sebagai tokoh FKUKM Pusat.

Dalam acara ramah tamah yang berlangsung santai, pihak Kadin Rusia tertarik untuk bekerja sama dalam perdagangan komoditas produk-produk pertanian Bali seperti cengkeh, kopi, kakao dan komoditas lainnya yang berorientasi ekspor.

Menurut Made Sugitha didampingi Ketua Bin Bali Wayan Suadnyana, kerja sama dengan Kadin Rusia ini diharapkan nantinya mampu menggairahkan kembali kondisi petani Bali yang terpuruk akibat pandemi.

Kerja sama perdagangan untuk ekspor ini akan terus dilakukan. Menurut Sugitha maka petani Bali harus disiapkan unt mampu meningkatkan kualitas produk dan sumber daya petaninya dengan teknologi yang berkembang pesat di sektor pertanian. Sehingga mampu mengurangi mata rantai perdagangan (triagle trade) yang sangat merugikan Indonesia.

Pihak Kadin Rusia mengharapkan ekspor komoditas pertanian Bali, bisa menembus pasar Rusia sehingga mampu meningkatkan volume perdagangannya.

Menurut Sugitha upaya peningkatan kualitas komoditas pertanian bali, melalui wadah BIN dan FKUKM akan terus dilakukan. Untuk itu dibutuhkan sinergi dari pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung upaya ini.

“Dengan meningkatnya perdagangan komoditas pertanian Bali ke pasar ekspor, akan berdampak kepada peningkatan taraf hidup petani Bali yang lebih baik dan berkeadilan, yang selama ini terlena di sektor pariwisata,” ungkap Made Sugitha didampingi salah satu pendiri BIN Bali Nyoman Senimantara. (bin)

Baca Juga :   Peni Cameron: Pengembangan  Produk Organik Tak Harus Modal Besar

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar