Bapas Denpasar Gelar Peningkatan Kompetensi Teknik Konseling untuk Pembimbing Kemasyarakatan

(Dutabalinews.com),Seluruh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Kelas I Denpasar mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknik Konseling yang diberikan oleh pegawai Bapas yang memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Psikologi.

Sesi sosialisasi ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama pada Hari Kamis, 20 Mei 2021, dan sesi kedua pada Selasa, 25 Mei 2021. ​Dalam kegiatan ini dibahas mengenai Teknik Dasar Konseling mengingat tugas PK memerlukan keahlian konseling baik dalam pembuatan Litmas (Penelitian Kemasyarakatan), Pembimbingan, bahkan saat Pengawasan dan Pendampingan Klien Pemasyarakatan.

Diberikannya konsep dasar tentang perbedaan karakteristik  individu, perbedaan kepribadian, dan juga tujuan dari konseling itu sendiri. Ditekankan pula tujuan dari konseling yang harus ditanam baik-baik oleh PK yaitu, menghapus/menghilangkan tingkah laku maldaptif (masalah) untuk di-gantikan dengan tingkah laku baru yaitu tingkah laku adaptif yang diinginkan klien.

​Kepala Bapas Kelas I Denpasar Ni Luh Putu Andiyani sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya harap seluruh PK dapat menyerap ilmu tentang teknik konseling  ini dengan baik. Sehingga kedepannya seluruh PK dapat membantu Klien Pemasyarakatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Ni Luh Putu Andiyani juga akan sesegera mungkin mengadakan sesi tukar ilmu lainnya agar para pegawai Bapas Kelas I Denpasar dapat mengembangkan diri dengan ilmu-ilmu baru. ​Kegiatan yang diberikan oleh 7 (tujuh) orang Sarjana Psikologi dari berbagai universitas ini juga menekankan berbagai Teknik konseling, antara lain; Empati, Attending, Pertanyaan terbuka, Pharafrase. Memimpin, dan Mengambil kesimpulan.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat terjadi peningkatan pengembangan Kompetensi Pegawai dalam bidang Teknik Konseling untuk Pembimbing Kemasyarakatan (PK). (gus)

Baca Juga :   Indonesia Peringkat Enam Dunia Penyandang  Diabetes

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar