Final Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021, Wayan Koster: Dampak Globalisasi Ruang Bahasa Bali makin Sempit

(Dutabalinews.com),Ruang bahasa Bali saat ini makin sempit akibat dampak globalisasi. Karena itu upaya pelestarian kekayaan budaya ini harus dilakukan terus.

“Jangan kita ketinggalan apalagi bahasa Bali sampai punah,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Dr. Wayan Koster saat Final Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021, Senin (14/6) di Kantor DPD Perjuangan Bali.

Dikatakan pandai bahasa Inggris atau bahasa lainnya bisa saja. Menggunakan bahasa asing di kantor-kantor tak masalah. “Tapi kita harus punya kepribadian dan tetap menjaga bahasa Bali. Gunakan bahasa kita dalam keseharian di rumah. Panggilan ‘meme’, ‘bape’, ‘kaki’ perlu tetap dilakukan,” pinta Dr. Koster yang juga Gubernur Bali ini.

Sementara Diah Srikandi Suyasa dalam laporannya mengatakan Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka HUT PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno merupakan lomba cerdas cermat bahasa, aksara, dan sastra Bali yang pertama kali. Selama ini belum pernah ada instansi pemerintah maupun swasta melaksanakan Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali.

Karena itu, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 merupakan perintis dan semoga dapat terus dikembangkan dalam berbagai ajang dan kesempatan pada tahun-tahun mendatang.

Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” serta implementasi Perda Bali Nomor 1 Tahun 2018 dan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018. Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 bertujuan meningkatkan literasi generasi muda krama Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas: bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh berbasis nilai kearifan lokal Bali yang dikandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

Dikatakan Diah Srikandi yang juga Anggota DPRD Bali ini, Bahasa Bali sebagai bahasa daerah yang bertumbuh kembang dalam kehidupan masyarakat Bali berkedudukan sebagai kekayaan budaya nasional yang harus dihormati dan dipelihara keberadaannya. Bahasa Bali memiliki fungsi integral sebagai lambang kebanggaan dan identitas suku Bali; alat komunikasi dan ekspresi keluarga suku Bali; serta pendukung kebudayaan Bali dan agama Hindu. Bahasa Bali memiliki kekuatan mistik primordial dalam segala macam ritual dan praktik religius di Bali.

Baca Juga :   Gubernur Koster Apresiasi Rencana ASITA Helat BBTF 2019, Sudah 43 Negara Mendaftar

Penggunaan bahasa Bali dalam sebuah ritual verbal adalah untuk mengukuhkan makna tradisional dan menjamin adanya kohesi kultural. Akan tetapi, kohesi kultural yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui bahasa Bali semakin memudar, bahkan rapuh, karena terjadi pergeseran sikap bahasa dan sikap budaya masyarakat Bali, baik yang diakibatkan oleh desakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara maupun bahasa asing dan budaya global.

Karena itu, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 merupakan langkah strategis serta bentuk kepedulian PDI Perjuangan dalam mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat Bali yang berdampak pada eksistensi bahasa, aksara, sastra Bali serta sekaligus mengembalikan Bali sebagai pusat peradaban dunia/Bali Padma Bhuwana.

Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari kabupaten/kota (DPC) hingga provinsi (DPD) yang diikuti oleh peserta siswa/siswi SD, SMP, dan SMA/SMK masing-masing 9 regu. Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 4—5 Juni 2021.

Juara I Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 Kabupaten/Kota menjadi duta kabupaten/kota pada Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat provinsi yang kita laksanakan pada tanggal 13 hingga 14 Juni 2021.

Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 akan menetapkan Pemenang I, II, III, Harapan I, Harapan II, dan Harapan III dan akan diberikan piagam, piala serta hadiah berupa uang pembinaan. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar